Ini Cara Dapat Modal Bisnis

PADANG, KABAR SUMBAR-Modal selalu menjadi salah satu hal terpenting yang harus dimiliki ketika akan membangun sebuah bisnis. Tak peduli jenis bisnis apa yang akan Anda jalankan, namun pada kenyataannya membutuhkan sejumlah modal awal di dalam pendiriannya.

Jumlah modal ini juga akan sangat tergantung pada jenis dan juga skala bisnis yang Anda rencanakan. Semakin besar bisnis yang akan Anda dirikan, maka modal yang dibutuhkan juga akan terbilang besar.

Untuk itu penting merencanakan pengadaan modal ini di dalam rencana bisnis yang Anda buat. Pengadaan modal ini tidak selalu mudah, terutama bagi Anda yang baru akan terjun ke dunia bisnis untuk pertama kalinya.

Tak jarang kekurangan modal seperti ini sering menjadi kendala dalam memulai bisnis, bahkan bisa saja membuat bisnis yang sudah berjalan menjadi tersendat. Hindari kondisi seperti ini dengan baik sejak awal, pastikan Anda mempersiapkan modal yang cukup dan memadai untuk memulai bisnis yang sudah Anda rencanakan.

Tidak harus selalu mengajukan pinjaman ke bank, Anda juga bisa mendapatkan modal bisnis dari berbagai sumber lainnya yang lebih mudah dan praktis. Ini cara mudah mendapatkan modal seperti dikutip dari Cermati.com, Minggu (15/9).

1. Menjual Aset atau Barang Berharga

Jika Anda memiliki aset atau barang berharga, maka menjual dan mengalokasikannya menjadi modal adalah keputusan yang tepat. Keputusan ini akan membantu mendapatkan modal yang terbilang banyak, terutama jika Anda memiliki aset dengan nilai yang cukup tinggi.

Namun sebelum menjualnya, pastikan aset tersebut memang benar-benar bisa dijual tanpa menimbulkan masalah di dalam rutinitas harian Anda. Artinya, aset tersebut bukanlah sesuatu yang saat ini sedang Anda butuhkan dan gunakan, seperti kendaraan satu-satunya atau rumah yang ditinggali.

2. Tak Ada Salahnya Menggadaikan Barang yang Tidak Terlalu Dibutuhkan

Jika ternyata Anda termasuk salah satu orang yang enggan menjual aset dan barang berharga yang Anda miliki, maka memasukannya ke pegadaian bisa menjadi pilihan lainnya. Anda bisa menggadaikan barang tersebut untuk sementara waktu, sehingga bisa mendapatkan sejumlah uang yang dapat dialokasikan sebagai modal bisnis. Jumlah dana yang bisa Anda dapatkan tentu akan sangat tergantung pada nilai dan juga kondisi aset yang digadaikan.

Namun pastikan menghitung dengan cermat dan menyesuaikan kemampuan keuangan Anda dengan masa gadai yang dipilih. Sehingga jumlah cicilan yang harus Anda bayarkan tidak menjadi beban berat di dalam keuangan. Semakin singkat masa pengembalian yang akan dipilih, maka semakin besar juga jumlah cicilan yang harus Anda bayarkan.

3. Mengambil Sebagian Dana Tabungan

Tabungan menjadi salah satu sumber dana yang bisa Anda andalkan menjadi modal bisnis. Alokasikan sejumlah dana tabungan yang Anda miliki, sehingga bisnis bisa segera dijalankan secepatnya. Namun hindari untuk mengambil semua dana tabungan, mengingat Anda juga akan memiliki berbagai kebutuhan lainnya.

4. Ajukan Pinjaman P2P Lending yang Resmi

Pinjaman P2P Lending juga menjadi pilihan sumber modal lainnya yang bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan. Saat ini, ada banyak perusahaan yang menyediakan pinjaman P2P Lending ini secara online, sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk menemukannya.

Pilih perusahaan pendanaan yang tepat dan terpercaya, sehingga proses pengajuan pinjaman Anda bisa berjalan sesuai dengan rencana. Ingat, pilih P2P Lending yang resmi diakui OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Pertimbangkan juga berbagai syarat dan bunga pinjaman yang diterapkan oleh perusahaan tersebut, agar kelak Anda tidak kesulitan untuk mengembalikan atau bahkan mengalami masalah di kemudian hari.

5. Meminjam pada Keluarga Tanpa Beban Bunga

Anda juga bisa meminjam sejumlah dana kepada keluarga atau bahkan kerabat dekat lainnya. Hal ini tentu tidak akan sulit, terutama jika Anda bisa meyakinkan mereka dengan rencana bisnis yang akan dijalankan dengan menggunakan modal tersebut. Selain lebih mudah, meminjam kepada keluarga dan kerabat tentu akan jauh lebih murah, sebab Anda tidak perlu membayarkan biaya bunga.

6. Mencari Investor yang Kompeten

Jika Anda terbuka untuk investasi dari luar, maka tidak ada salahnya mencari seorang investor yang akan mendanai bisnis yang direncanakan. Anda bisa memulai hal ini dengan cara mendatangi seminar yang mempertemukan para pebisnis dan investor. Selain itu, bisa dengan cara mendapatkan informasi secara online terkait dengan bantuan dana dari investor seperti ini. Pastikan Anda memahami dengan baik isi perjanjian yang akan disepakati dengan investor, agar kelak Anda tidak dirugikan akibat hal tesebut.

7. Mengajak Teman atau Keluarga untuk Bergabung

Mengajak teman atau bahkan keluarga untuk bergabung di dalam bisnismu juga bisa menjadi pertimbangan. Buatlah sistem kerjasama dengan mereka, di mana mereka menyetorkan sejumlah modal dan ikut bergabung dalam bisnis yang akan Anda jalankan tersebut.

Loading...
DomaiNesia
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...