JNE Ajak Pelaku Umkm di Padang Tembus Pasar Nasional

PADANG, KABAR SUMBAR – Jasa ekspedisi JNE mendorong pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Kota Padang, Sumatera Barat untuk menembus pasar nasional karena angka pertumbuhan UMKM di daerah setempat cukup tinggi.

Branch Manager JNE Padang, Yusran di Padang, Kamis (8/8) menjelaskan angka pertumbuhan UMKM yang tinggi juga berpengaruh pada perkembangan logistik di Kota Bengkuang ini.

Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang, jumlah UMKM mencapai 10.211 pada 2018 dengan pertumbuhan omset sekitar Rp300 juta per tahun.

“Pertumbuhan UMKM ini sebagian besar merupakan usaha kuliner,” kata Yusran dalam kegiatan Kopiwriting yang diadakan JNE dengan tema “mendorong bisnis lokal go nasional”.

Ia menyebutkan paket kiriman yang bersumber dari para pelaku UMKM di Padang dan Sumatera Barat secara umum mencapai 30 hingga 40 persen dari total keseluruhan pengiriman JNE Padang.

“Jenis barang hasil UMKM yang paling banyak dikirim dari Kota Padang ke luar provinsi merupakan olahan kuliner seperti rendang atau dendeng”, ujarnya.

Untuk mendukung UMKM di Sumatera Barat, pihaknya memiliki inovasi yang dapat membantu pelaku usaha agar makin berkembang seperti menerapkan kebijakan satu harga untuk paket kiriman dengan tujuan di dalam kota/kabupaten yang sama yaitu Rp11.000 per kilogram, selain itu juga JNE juga menyediakan free pick up.

Yusran berharap dengan diterapakannya beberapa kebijakan tersebut dapat membantu pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya dan memperluas pasar tingkat nasional dan internasional.

Sementara Wakil Wali Kota Padang, Hendri Septa juga meendorong pelaku usaha agar melek teknologi sehingga usahanya tidak stagnan dan dapat merambah pasar yang lebih luas lagi.

Jika tidak melek teknologi, lanjutnya mereka akan tertinggal dan tidak mendapatkan nilai yang lebih dari calon pembeli.

“Pemerintah bersama JNE akan terus bersinergi untuk memasarkan produk produk lokal,” tambahnya.

Loading...
DomaiNesia
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...