Karya Anak Bangsa ! UKRO KM UNP Ciptakan Robot Anti Corona

Padang – Berbagai upaya dalam memutus mata rantai penyebaran Virus Corona (Covid-19) semenjak Maret lalu di Sumbar telah dilakukan, karena virus tersebut ikut mengubah pola kehidupan masyarakat.

Namun usaha tersebut hanya saja itu tidak bisa langsung membendung sebaran infeksi virus tersebut. Bahkan, per hari ratusan kasus baru muncul di Sumbar.

Oleh sebab itu, Tim Unit Kegiatan Robotika dan Otomasi Keluarga Mahasiswa Universitas Negeri Padang (UKRO KM UNP) menciptakan ROBANA (Robot Anti Corona) dengan 10 anggota. ROBONA ini diharapkan dapat membantu upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini.

Ketua Tim ROBONA, Satria Goci mengatakan, penciptaan ROBONA ini dibawah bimbingan dosennya, Risfendra, S.Pd., M.T, Ph.D, Dr. Mukhlidi Muskhir, S.Pd, yang mana ROBONA ini berbasis image processing dengan menerapkan metode machine learning yang dikendalikan oleh mini PC.

“Robot ini berfungsi sebagai penjaga pintu masuk Rektorat UNP yang mampu mendeteksi penggunaan masker, suhu tubuh, dan penggunaan hand sanitizer otomatis,” ujarnya.

Robot tersebut dalam penggunaannya mendeteksi suhu tubuh dapat mengurangi interaksi fisik antar manusia dengan manusia lainnya.

“Dasar itu juga kami menciptakan,” katanya.

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...