Keterbukaan Informasi Publik di Pengadilan Agama Menuju Pelayanan yang Lebih Efektif

Foto : Internet

Padang – Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di Pengadilan Agama (PA) se Sumatera Barat (Sumbar) patut diacungi jempol, terbukti dengan adanya regulasi yang memadai dan sarana serta prasarana yang mendukung di 18 PA di Sumbar.

Pelmizar, Kepala Pengadilan Tinggi Agama Padang, menjelaskan bahwa persoalan penyediaan informasi di PA sebenarnya telah mendapatkan arahan yang tegas dari Mahkamah Agung. Namun, dalam pelaksanaannya, masih terdapat beberapa kendala yang perlu diatasi.

“Kami sangat membutuhkan bimbingan dari Komisi Informasi, karena PA seringkali kurang mendapatkan pengetahuan mengenai strategi pelayanan informasi publik, meskipun kami sudah memiliki meja layanan informasi di kantor masing-masing,” ungkapnya kepada 18 Ketua PA Sumbar dalam pertemuan di Padang pada Selasa (5/9).

Menyikapi hal tersebut, Ketua Komisi Informasi (KI) Sumbar, Nofal Wiska, menjelaskan praktik keterbukaan informasi publik di pengadilan.

“Dalam konteks pengadilan, informasi dibagi menjadi dua jenis, yaitu informasi terkait perkara dan informasi administrasi. Di sini, regulasi KIP lebih banyak mengatur tentang administrasi,” jelas Nofal.

Nofal berharap agar Pengadilan Tinggi Agama Padang dan PA di Sumbar dapat menjadi contoh konkret tentang bagaimana pengadilan, yang sering kali dianggap angker, ternyata mampu memberikan pelayanan yang ramah terkait informasi publik.

Sementara itu, Komisioner Bidang Kelembagaan, Tanti Endang Lestari, mengajak para Ketua PA untuk memastikan bahwa layanan informasi publik yang mereka berikan sesuai dengan regulasi yang tertuang dalam SK KMA 2-144 Tahun 2022.

“SK KMA 2-144 mengatur keterbukaan informasi publik dengan sangat ketat, oleh karena itu, para Ketua PA harus memahami dengan baik pelayanan informasi publik. Jika tidak, PA dapat menghadapi sidang di KI Sumbar. Oleh karena itu, lebih baik mencegah daripada terlanjur menghadapi sidang,” tegas Tanti.

Dalam pertemuan tersebut, Tanti juga memberikan penjelasan mengenai pelaksanaan E-monev dan mengingatkan Ketua PA tentang komitmen mereka untuk mengikuti proses Monev dengan sungguh-sungguh.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.