Mahasiswa UIN Gelar Unjuk Rasa, Tuntut Pihak Kampus Transparan

PADANG,KABARSUMBAR – Ratusan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Peduli Kampus, menggelar aksi unjuk rasa di kampus yang berada di Jalan M Yunus, Padang, Selasa (10/9/2019).

Aksi tersebut merupakan bentuk protes terhadap kebijakan kampus, dalam hal transparansi keuangan kampus, serta beberapa fasilitas kampus yang tidak memadai. Dengan membawa spanduk dan pengeras suara, para mahasiswa menggelar aksi di lapangan kampus.

Koordinator aksi, Jalal Alfarizi menyampaikan, bahwa mahasiswa harus menuntut haknya kepada pihak kampus. “Kita harus menuntut hak kita, apa yang kita lakukan saat ini, itu dilindungi undang-undang, yaitu kebebasan berekspresi,” ujarnya saat menyuarakan tuntutannya kepada pihak kampus di kawasan Blok M, Kampus II UIN IB Padang.

Ia juga mengatakan, pihak kampus tidak transparan dalam hal keuangan kampus, sementara gedung kuliah dan fasilitas dirasakan tidak berkembang, padahal mahasiswa telah membayar UKT. “Kami menuntut seluruh fasilitas yang ada agar diperbaiki. Tidak hanya gedung rektorat, tapi ruang-ruang kuliah kami harus diperbaiki secepatnya,” lanjutnya.

Menurutnya, fasilitas kampus seperti ruangan dan kursi sangat tidak memadai, ditambah lagi tidak adanya AC untuk pendingin ruangan. “Tidak hanya ruangan dan bangku, toilet kampus juga tidak dibenahi sehingga sangat bau,” lanjutnya.

Ia mengatakan, pihaknya akan terus menuntut hak mahasiswa hingga tuntutannya dipenuhi oleh pihak rektorat. “Kami akan terus menuntut, paling tidak hingga adanya janji tertulis dari pihak rektorat,” tutupnya.

Aksi itu juga diwarnai pembakaran ban dan sampah di jalan utama kampus, ada juga beberapa mahasiswa yang menggunakan kain putih dan menyerupai pocong.

Sementara itu, Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Eka Putra Wirman mengatakan, tuntutan para mahasiswa dianggap wajar karena saat ini kondisi kampus yang sekarang tidak sebanding dengan Universitas lainnya di Kota Padang.

“Saya mengapresiasi dan berterimakasih dengan mahasiswa karena telah ikut memperhatikan kondisi kampus”, tuturnya.


 

Ikhlasul Ihsan

Loading...
DomaiNesia
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...