Markerfest 2018, Bantu Kreator Lokal Mendunia

Makerfest 2018 Sumatera Barat
Makerfest 2018 Sumatera Barat
Makerfest 2018 Sumatera Barat
Makerfest 2018 Sumatera Barat

Iven Tokopedia bertajuk Markerfest 2018 bersama 30 pengusaha Usaha Kecil Menengah (UKM) mencuri perhatian warga Kota Padang.

Iven yang dipusatkan di Lapangan Imam Bonjol, Kota Padang, Sabtu (21/4/2018) itu bertujuan mendorong produksi kreator lokal menjadi brand nasional yang mendunia.

Dalam program ini, Kota Padang menjadi kota kedua dari program Markerfest bersama Tokopedia. Namun, program ini akan terus berjalan ke seluruh pelosok Indonesia.

Makerfest sendiri merupakan gerakan independen yang membangun pebisnis muda kreatif untuk bekerja sama dengan Tokopedia didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Komunikasi dan Informasi, serta jasa kurir JNE.

Public Relation Committe Markerfest Siti Fauziah mengatakan, banyaknya produksi UKM yang sangat berpotensi, namun hanya mampu memasarkan produk dalam ruang lingkup pasar yang kecil.

“Kebanyakan produksi pembisnis kreator mentok dilevel UMKM, karena banyak dari kreator yang tidak tau bagaimana cara mengembangkan produk-produknya” kata Siti kepada Kabarsumbar.

Menurut Siti, apabila pebisnis atau kreator muda ditempatkan pada ekosistem yang tepat, maka kreator muda bisa mengembangkan produk dan bisa bersaing pada level Internasional.

“Maka dari itu Markefest bersama Tokopedia memberikan wadah kepada kreator muda lokal, karena Markerfest membatu dalam memasarkan produk” katanya.

[Al Ikhlas Saputra]