Padang Kembali Raih Kota Sehat 2017 ‘Swasti Saba Wistara’

Walikota Padang Mahyeldi Ansarullah menerima penghargaan Kota Sehat 2017 kategori "Swasti Saba Wistara". Foto : Istimewa
Walikota Padang Mahyeldi Ansarullah menerima penghargaan Kota Sehat 2017 kategori "Swasti Saba Wistara". Foto : Istimewa
Walikota Padang Mahyeldi Ansarullah menerima penghargaan Kota Sehat 2017 kategori "Swasti Saba Wistara". Foto : Istimewa
Walikota Padang Mahyeldi Ansarullah menerima penghargaan Kota Sehat 2017 kategori “Swasti Saba Wistara”. Foto : Istimewa

Kota Padang kembali meraih predikat Kota Sehat dengan penghargaan ‘Swasti Saba Wistara’. Penghargaan ini merupakan kategori tertinggi untuk Kabupaten dan Kota yang memenuhi kriteria 9 tatanan sesuai potensi pada daerahnya.

Penghargaan diterima Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah pada ajang Penganugerahan Swastisaba Kabupaten/Kota Sehat 2017 di Ruang Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Selasa (28/11/2017).

Penyerahan sertifikat dan tropi bagi 104 Kabupaten dan Kota serta Provinsi yang menerima penghargaan Swasti Saba 2017 ini dilakukan oleh Menteri Kesehatan Nila Djuwita F. Moeloek dan Sekjen Kemendagri, kemudian Sekjen Kementerian Kesehatan.

Dalam kesempatan itu, Menkes mengajak kepala daerah untuk bersinergi dengan semua elemen dalam mewujudkan kualitas lingkungan yang sehat serta taraf kesehatan masyarakat. Karena, menurut Menkes, indeks pembangunan manusia dimulai dari kesehatan.

“Kita melihat indeks pembangunan manusia dimulai dari kesehatan. Dengan kesehatan kita bisa beraktifitas, bisa berpendidikan dan sejahtera,” kata Menkes Nila Djuwita F Moeloek

Atas penghargaan itu, Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah berterimakasih kepada seluruh warga, terutama Dinas Kesehatan dan Forum Kota Sehat serta anggota DPRD yang telah mendukung upaya-upaya dalam mewujudkan kota sehat.

“Terimakasih kepada warga, Dinas Kesehatan, Forum Kota Sehat dan anggota DPRD yang mendukung upaya peningkatan kesehatan sehingga meraih kembali penghargaan Kota Sehat,” kata Mahyeldi.

Walikota berharap predikat Kota Sehat terus dipertahankan dan ditingkatkan lagi untuk masa yang akan datang. “Sebagai tanda kebanggaan masyarakat Kota Padang, saya berharap piala Swasti Saba Wistara dapat terus dipertahankan,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Forum Kota Sehat Rukayah Anwar menjelaskan, sejak 2003 Kota Padang sudah meraih predikat Kota Sehat dengan penghargaan Swasti Saba Padapa untuk 3 tatanan. Pada 2005 meraih Swasti Saba Wiwerda dengan 5 tatanan, tahun 2007 meraih Swasti Saba Wistara dengan 7 tatanan, tahun 2011 mendapatkan Swasti Saba Wiwerda dengan 4 tatanan, 2013 meraih Swasti Saba Wistara dengan 8 tatanan, kembali mendapatkan yang sama pada 2015 dengan 9 tatanan.

“Tahun 2017 ini Kota Padang meraih kembali Swasti Saba Wistara dengan sembilan tatanan,” jelas Rukayah.