Pemilu 2019, Jumlah Pemilih Sumbar 3,4 Juta Orang

 

Ilustrasi

PADANG, KABARSUMBAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 berjumlah 3.477.311 pemilih.

Penetapan itu dilakukan dalam rapat pleno yang digelar KPU Sumatera Barat pada Rabu 29 Agustus 2018 di Padang.

Rapat pleno penetapan DPT tersebut langsung dilakukan oleh Ketua KPU Sumatera Barat Amnasmen didampingi anggota KPU Sumbar, Yanuk Sri Mulyani, Gebril Daulai, Izwar Yani, Nova Indra, Bawaslu, Forkominda dan stake holder terkait.

Dalam rapat pleno itu tercatat, jika jumlah pemilih berjenis kelamin laki-laki berjumlah 1.710.484 pemilih, sedangkan perempuan berjumlah 1.766.827 pemilih.

Para pemilih sendiri tersebar pada 19 Kabupaten dan Kota yang ada di Sumatera Barat. “Dengan rincian, 179 kecamatan, 1.158 desa atau kelurahan atau nagari dan 16.530 Tempat Pemungutan Suara (TPS),” kata Amnasmen.

Melihat jumlah DPT Pemilu 2019 tersebut, terdapat jumlah pengurangan dari Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang ditetapkan KPU pada Juni 2018, sebelumnya dimutakhirkan pada penetapan DPT. Dimana, dalam DPS Juni 2018 lalu, jumlah pemilih mencapai 3,6 juta pemilih di Sumatera Barat.

Sementara itu, Komisioner KPU Sumatera Barat, Nova Indra mengatakan, terjadinya pengurangan jumlah pemilih dalam DPT itu disebabkan karena adanya perbaikan data yang dilakukan.

“Setelah ditelusuri ada pemilih yang tidak memiliki KTP elektronik yang menjadi salah satu syarat agar bisa masuk dalam DPT,” jelas Nova.

Walau demikian ia mengakui kemungkinan diperkirakan ada sejumlah pemilih yang tercecer dari DPT. Bagi masyarakat yang tidak terdaftar dalam DPT masih bisa menyalurkan hak suaranya pada Pemilu 2019 nantinya.

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...