Pemko Sawahlunto Komitmen Wujudkan Kota Layak Anak Tingkat Utama

Foto : Wali Kota Sawahlunto Deri Asta di Studio Nagari TV

PadangPemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto targetkan menjadi Kota Layak Anak (KLA) tingkat Utama tahun depan. Segala langkah telah disiapkan guna mencapai target tersebut. Hal itu disampaikan Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta di studio Nagari TV pada Kamis, 12 Agustus 2021.

Ia menyebutkan, tahun depan akan diadakan evaluasi menuju KLA tingkat utama. Saat ini, sudah Ada dua upaya yang telah disiapkan yaitu membuat Perda tentang anak itu sendiri dan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) KLA.

“Yang didalam salah satu pasalnya menyelipkan tentang penggunaan atau pelarangan iklan rokok, kemudian kita juga sudah menyiapkan UPTD Kota Layak Anak dan dua langkah ini yang kita siapkan untuk naik menjadi Kota Layak Anak tingkat Utama,” ujarnya

Deri menambahkan semua pihak akan dilibatkan dalam permasalahan ini. Salah satunya, tahun ini Pemko akan membuat Satgas Layak anak.

“Kemudian untuk mengola permasalahan anak ini harus lintas sektoral harus melibatkan semua pihak. Jadi tahun ini kita mulai membuat Satgas Layak Anak tingkat Desa dan Kelurahan,” tambahnya.

Senada dengan itu, Forum Anak Kota Arang terus bersinergi dengan Pemko Sawahlunto untuk mencapai KLA tingkat Utama. Dengan upaya melakukan berbagai sosialisasi tentang KLA itu sendiri.

“Jadi Forum Anak melakukan audiensi dengan pejabat-pejabat dan sosialisasi ke sekolah-sekolah terkait pernikahan dini dan tidak terlibat dalam pergaulan bebas,” kata Ketua Forum Anak Kota Arang, M.Ilham Akhzani.

Ia menambahkan, Forum Anak tersebut juga memiliki salah satu program penggalangan dana untuk membantu anak-anak yang mengalami kesusahan serta juga sosialisasi melalui webinar.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.