Pessel Pacu Nagari Cinta Statistik

  • Bagikan
Rapat koordinasi urusan Komunikasi, informatika, staristika dan persandian

Pesisir Selatan – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pesisir Selatan Junaidi, S. Kom, ME ikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Urusan Komunikasi, Informatika, Statistik dan bertempat di Ruang Pertemuan Hotel Inna Ombilin Heritage Kota Sawahlunto sebagaimana surat undangan Sekretaris Daerah Prov. Sumbar bernomor 005/151/Diskominfo-2021 tertanggal 3 Maret 2021.

Diketahui rakor tersebut diselenggarakan untuk meningkatkan sinergitas program dan kegiatan pemerintah Prov. Sumbar dengan Kabupaten/ kota di Sumatera Barat.

Hal tersebut diungkapkan Junaidi dalam pesan whatsAppnya Senin, 22 Maret 2021 mengatakan berpacu menjadikan Desa/ Nagari sebagai subjek dan ujung tombak pembangunan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat menjadi salah satu perioritas dalam pelaksanaan rakor kali ini.

“Nagari tidak lagi dianggap sebagai obyek pembangunan melainkan ditempatkan sebagai subjek dan ujung tombak pembangunan, hal tersebut bisa dilakukan melalui penerapan peran Statistik ditingkat Nagari, “ ungkap Junaidi.

Dilanjutkannya statistik diperlukan dalam penyusunan RPJM Nagari, pemantauan perkembangan pembangunan, serta mengukur keberhasilan pembangunan dan keberlanjutannya.

“Jika penerapan nilai-nilai statistik sudah melekat pada suatu Nagari maka tingkat kepercayaan kepada Nagari untuk mengelola pembangunan semakin meningkat,” Ungkapnya.

Ia mencontohkan, dengan penggunaan data statistik bisa diketahui berapa produksi tanaman pangan, populasi sapi potong, dan ayam ras pedaging serta data-data statistik lainya.

“Data-data akan menjelaskan potensi suatu nagari berserta titik lemahnya,”, tambahannya.

Untuk mencapai itu semua diperlukan pembinaan statistik pada setiap nagari secara berkesinambungan agar data-data yang terdapat di nagari bisa dikelola dengan standar data.

“Pembinaan bisa meliputi identifikasi kebutuhan data, pengumpulan data, mengolah dan menganalisis data, menjaga kualitas data, serta pemanfaatan data untuk pembangunan”, tutupnya.

  • Bagikan