Polindes Ophir Barat Gelar Wisuda Ibu Hamil

  • Bagikan

Pasaman Barat – Sebagai bentuk Pelayanan kesehatan bagi para Ibu hamil, Polindes Ophir Barat beserta Kader menggelar kegiatan Wisuda Ibu Hamil yang dilaksanakan di aula Kantor Wali Nagari Persiapan Ophir, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat. Rabu, 7 April 2021.

Bidan Desa Yuliana didampingi oleh Kader Posyandu Ophir Barat mengatakan, Wisuda ibu hamil dilaksanakan dari kegiatan kelas ibu hamil yang diikuti ibu hamil selama empat kali pertemuan, yang diawali dengan pre tes pada awal pertemuan dan post tes diakhir pertemuan.

“Wisuda ibu hamil ini bertujuan untuk memotivasi dan memberikan penghargaan kepada ibu hamil agar rajin memeriksakan kehamilannya, minimal selama empat kali kehamilan,”Ujar Bidan Desa Yuliana.

Yuliana menambahkan, dalam kegiatan wisuda ibu hamil ini dihadiri sebanyak 8 orang dengan memberikan apresiasi kepada juara 1,2 dan 3 kepda ibu hamil berprestasi.

“Sebanyak delapan orang ibu hamil yang mengikuti kegiatan ini, dan kita berikan apresiasi dan penghargaan kepada yang meraih juara 1, 2 dan 3,” Ucapnya

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Puskesmas Ophir, Darwanis juga mengatakan, program kegiatan yang dilaksanakan oleh Polindes Ophir Barat ini sangat bermanfaat, dengan pemeriksaan kehamilan secara teratur agar bisa mendeteksi dini apa yang terjadi pada ibu hamil.

Hal ini sebagai bentuk mengurangi resiko dan menurunkan angka kematian ibu dan bayi, dan kita juga mengajak kepada para ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan kehamilan minimal empat kali selama kehamilan.

“Untuk mengurangi resiko angka kematian Ibu dan Anak, kepada Ibu hamil untuk tetap melakukan pemeriksaan minimal empat kali selama kehamilan, dan ANC (Ante Natal Care) atau pemeriksaan kehamilan yang berkualitas,” Himbaunya

Sementara itu, Camat Luhak Nan Duo, Ahmad Hanif dalam sambutannya mengatakan, kita sangat apresiasi kegiatan wisuda ibu hamil yang digelar oleh Polindes Ophir Barat. Karena, 1000 Hari Pertama kehidupan dimulai 270 hari dalam kandungan ini merupakan periode emas. Proses pembentukan otak manusia 80 %, dibentuk pada 1000 hari pertama kehidupan. Dan nutrisi selama 1000 HPK harus diperhatikan agar bayi yang dilahirkan nantinya bisa cerdas dan sehat.

“berikan ASI saja kepada bayi kita, tanpa diberikan makanan apapun sampai bayi berumur 6 bulan yang disebut ASI eklusif,” Terangnya

Kegiatan Wisuda Ibu Hamil tersebut juga dihadiri oleh Camat Luhak Nan Duo, Kepala Puskesmas Ophir, Wali Nagari Koto Baru, Pj. Wali Nagari Persiapan Ophir, Bamus Nagari Koto Baru, TP. PKK Kecamatan Luhak Nan Duo, TP. PKK Ophir dan Kader
Posyandu Ophir Barat.

  • Bagikan