Sudah 66 Warga Terkonfirmasi Positif Covid-19 Di Kota Solok

Solok Kota – Kamis, 27 Agustus 2020  Pemerintah Kota Solok Merilis data terbaru terkait perkembangan penanganan Covid-19 di Kota Solok.

Walikota Solok Zul Elfian melalui Dessy Syafril  selaku Kepala Bidang Pengendalian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Solok sekaligus Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok menyampaikan pada hari Senin 24 Agustus yang lalu, Analis swab telah melakukan pengambilan test swab terhadap kontak erat pasien 63 ditambah kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif di Kabupaten Solok serta masyakarat dan ASN yang dengan kesadarannya untuk dilakukan tes swab, yang berjumlah 119 orang.

Berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, yang kita terima hari ini Kamis 27 Agustus 2020, bahwa dari keseluruhan sampel yang dikirim 3 orang diantaranya dinyatakan TERKONFIRMASI Positif COVID-19, dengan rincian sebagai berikut :

  1. Anak Laki-laki HNA, pelajar usia 13 tahun Warga Perumnas Kelurahan Tanjung Paku (Pasien 64)
  2. Tn. S, Wiraswasta usia 30 tahun warga Kelurahanelurahan Simpang Rumbio, baru kembali dari luar daerah yakni Cirebon (Pasien 65)
  3. Ny. YF, dokter klinik Polres usia 40 tahun, Kel Nan Balimo (Pasien 66)

Melihat perkembangan hari ini, walau kita telah melakukan pengurangan intensitas pengambilan swab dengan lebih memprioritaskan kontak erat pasien terkonfirmasi, tetap ditemukan kasus terkonfirmasi baru di Kota Solok, ungkap Dessy Syafril .

“Untuk itu kami atas nama Gugus Tugas tidak bosan-bosannya meminta kepada masyarakat agar disiplin menjalani protokol kesehatan untuk mengatasi perkembangan covid-19. Pakai masker, hindari kerumunan, sering cuci tangan, pulang kerumah dari manapun ganti pakaian dan langsung mandi. Hindari beli makanan yang terbuka. Ingatkan pelayan makanan untuk tetap pakai masker dan dilarang keras pelayan makanan bicara didepan makanan, walaupun pakai masker,” Ucap Dessy.

Dessy Syafril juga mengatakan “hari ini kita juga patut bersyukur dari sampel yang dikirim tersebut juga termasuk sampel pasien terkonfirmasi positif yang konversi swab untuk kedua kalinya dan 10 orang diantaranya dinyatakan sembuh”

10 orang tersebut yakni, Pasien 10 FY Kel PPA, Pasien 23 MWP Kel  VI Suku, Pasien 26 M Kel Aro IV Korong, Pasien 32 KH Kel PPA, Pasien 50 RSR Kel IX Korong,  Pasien 51 FI Kel Nan Balimo, Pasien 52 A Kel Nan Balimo, Pasien 53 M Kel Nan Balimo, Pasien 54 LA Kel PPA, Pasien 55 AAN Kel PPA.

Dengan adanya penambahan 3 orang terkonfirmasi positif dan 10 orang yang dinyatakan sembuh, dengan sendirinya kembali merubah komposisi deretan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dan yang sembuh di Kota Solok yakni menjadi 66 orang.

Adapun sebaran per wilayah kecamatan dan kelurahan Untuk wilayah Kecamatan Lubuk Sikarah saat ini terdapat pasien terkonfirmasi sebanyak 30 orang dan Kecamatan Tanjung Harapan sebanyak 36 orang, dengan sebaran per Kelurahan sebagai berikut :

  1. Kelurahan Tanah Garam: 3 sembuh
  2. Kelurahan VI Suku: 3 sembuh, 3 isolasi mandiri, 1 meninggal dunia
  3. Kelurahan KTK: Nihil
  4. Kelurahan Simpang Rumbio: 1 sembuh, 1 isolasi mandiri, 1 isolasi posko banda panduang
  5. Kelurahan IX Korong: 6 sembuh, 3 isolasi mandiri,
  6. Kelurahan Aro IV Korong: 2 sembuh, 1 isolasi mandiri
  7. Kelurahan Sinapa Piliang: 4 sembuh, 1 isolasi mandiri
  8. Kelurahan PPA: 6 sembuh
  9. Kelurahan Tanjung Paku: 3 sembuh, 1 isolasi mandiri, 2 isolasi posko banda panduang,
  10. Kelurahan Nan Balimo: 7 sembuh, 5 isolasi mandiri
  11. Kelurahan Kampung Jawa: 4 sembuh, 6 isolasi mandiri,
  12. Kelurahan Laing : Nihil
  13. Kelurahan Koto Panjang: 1 isolasi mandiri, 1 isolasi posko banda panduang

 

Pemerintah Kota Solok menghimbau masyarakat memberikan dukungan dan motivasi kepada mereka terutama keluarga, kerabat dan lingkungan sekitar. Karena bagaimanapun juga terkonfirmasi positif Covid-19 bukanlah sebuah aib sehingga harus dimusuhi apalagi dikucilkan. Akan tetapi sebaliknya, dukungan dan peran serta kita ikut membantu percepatan pemulihan kondisi setiap pasien terkonfirmasi. Terutama yang menjalani isolasi mandiri.

 

 

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...