Tugu Bersejarah Linggarjati Dirobohkan Demi Proyek Jembatan

Ilustrasi Tugu Linggarjati Roboh. foto : internet

Padang – Ornamen sejarah Tugu Linggarjati yang terletak di Kawasan Tabing, Kota Padang, sudah dirobohkan akibat proyek pembangunan jembatan.

Proyek pembangunan jembatan ini telah berlangsung sejak tahun 2020 lalu.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Arfian mengatakan, pihak pekerja proyek jembatan telah melakukan koordinasi sebelum merobohkan salah satu tugu bersejarah tersebut.

“Iya memang dirobohkan karena adanya perbaikan jembatan di dekat tugu tersebut,” ungkap Arfian saat dikonfirmasi, Senin 1 Februari 2021.

Tugu yang telah roboh merupakan salah satu bangunan bersejarah untuk memperingati Perjanjian Linggarjati antara Indonesia dan Belanda pada 1947.

“Perjanjian Linggarjati adalah semangat anak bangsa mempertahankan setiap jengkal tanah republik. Kini bukti sejarah kepada generasi penerus itu sudah lenyap,” ujar Anggota DPRD Sumbar Fraksi Demokrat Nurnas, Selasa 2 Februari 2021.

Menurut Nurnas, perobohan tugu tersebut merupakan tindakan menghilangkan bukti sejarah nasional.

“Orang Padang tidak mau menyerahkan sejengkal tanahnya kepada Belanda. Tugu tersebut adalah kebijakan pemerintah pusat yang mengadakan persetujuan dengan Belanda. Sebelum menjadi problem sosial, sejarah dan hukum, Tugu Linggarjati harus dikembalikan,” pungkasnya.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.