Unbrah bersama 10 PTS di Sumbar Tanda Tangani MoU

Rektor Unbrah (kanan) dan Rektor Unisbar (kiri) menandatangani nota kesepahaman (dok Unisbar)

Padang-Universitas Baiturrahmah (Unbrah) bersama 10 perguruan tinggi swasta di Sumbar menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) kerja sama tentang Tridharma Perguruan Tinggi dengan Universitas Sumatera Barat (Unisbar) pada Rabu 6 April 2022 di Kantor LLDikti X Padang.

Rektor Universitas Baiturrahmah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S yang menjadi keynote speaker pada kegiatan tersebut menyambut baik positif kerja sama dengan Unisbar tersebut dan menyampaikan beberapa hal yang bisa dikerjasamakan.

Salah satunya kata Rektor kerja sama dalam memperkuat sumber daya pengajar, misalnya kampus yang telah memiliki prodi S2 atau S3 dapat meneriman dosen dari kampus lain untuk sekolah.

Menurutnya dengan mendorong dosen untuk sekolah akan berimplikasi pada peningkatan kualitas prodi dari kampus tersebut. Yang selanjutnya berimplementasi pada penguatan kualitas dari perguruan tinggi

Hal lain yakni terkait kerja sama dalam promosi menjaring mahasiswa, harapannya di antara kampus yang kerja sama tersebut tidak ada lagi kasus kekurangan mahasiswa.

Implementasi kerja sama melalui MoU juga kata Rektor harus dilanjutkan dengan MoA di berbagai bidang dan unit.

Senada itu Rektor Unisbar Dr. Hj. Nurtati, SE.,MM mengatakan Unisbar saat ini tengah mewujudkan kerja sama dengan berbagai kampus yang ada di Sumbar dan Indonesia.

Langkah ini dilakukan guna mendukung pencapaian visi misi kampus menjadi Perguruan Tinggi yang unggul dan berdaya saing dengan Motto “ In Quality And Discipline, We Grow To The Glory”.

Harapannya sinergitas kerja sama dengan kampus tersebut kata Rektor Unisbar akan mendukung pengembangan bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat termasuk pengembangan sumber daya manusia di Unisbar.

Sedangkan Kepala LLDikti X Prof Herri mengatakan kerja sama tersebut amat positif dalam pengembangan institusi ke depan. Harapannya semua kampus dapat menjadi salah satu kampus berkualitas dan unggul di Indonesia.

Sementara itu hadir Rektor dari 11 kampus yang menandatangani kerja sama dengan Unisbar termasuk Unbrah. Kesepuluh kampus lainnya yakni Universitas Bung Hatta Padang, Universitas Eka Sakti Padang, Universitas PGRI Sumatera Barat, Stikes Mercubatijaya, Unes-AAI, UPI YPTK Padang, Universitas Dharma Andalas, Universitas Muhammadiyah Sumbar, Universitas Adzkia Sumbar, dan Universitas Taman Siswa Padang.

Adapun bidang kerjasama yang dilakukan meliputi pendidikan dan pelatihan dalam pengembangan SDM, Pertukaran dosen / mahasiswa, Penyelenggaraan pertemuan ilmiah, Publikasi ilmiah, Kewirausahaan / Enterpreneurship, Pengalihan dan / pemerolehan angka kredit, Program penelitian, Pengabdian masyarakat, Program magang dan penempatan kerja bagi alumni, dan Silang Layan dan pertukaran informasi.