Polres Pessel Bakal Tindak Pungli di Kawasan Wisata

  • Bagikan

Pesisir Selatan – Kawasan objek Wisata di Kabupaten Pesisir Selatan harus bebas dari Pungutan liar (Pungli) dan pungutan harus sesuai Peraturan Daerah, jika hal tersebut dilanggar akan ada sanksi hukuman maksimal. Karena jika terjadi Pungli akan menimbulkan dampak jelek pariwisata.

Hal tersebut di ingatkan Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo, S.IK, untuk pungutan dikawasan obyek wisata, ada di Kabupaten Pesisir Selatan harus sesuai dengan Peraturan Daerah ( Perda).

Dikatakannya, apapun jenis retribusi harus lah sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda), baik Retribusi parkir, tiket masuk ke lokasi obyek wisata maupun retribusi lainya.

”Kita ingatkan, agar setiap retribusi atau pungutan sesuai Perda. Jika hal itu dilanggar, akan ada sanksi hukuman maksimal,” tegas Kapolres. Senin 29 Maret lalu.

Sebagaimana diketahui bersama Kabupaten Pesisir Selatan menjadi salah satu daerah di Sumatera Barat dan Nasional tujuan wisatawan. Maka, kita harus menjadi tuan rumah yang baik di negeri sendiri.

Selain itu Kapolres juga memintak kerjasama dari seluruh elemen masyarakat bersama-sama menjaga keamanan, ketertiban dan kenyamanan di lokasi obyek wisata itu sendiri.

”Tetap kita akan lakukan patroli rutin masing-masing satuan yang ada di Polres Pesisir Selatan, ” ungkap Kapolres.

Dan jika terbukti kedapatan melakukan pungutan diluar aturan Perda, sanksi hukum akan kita tegakan, namun begitu pembinaan dan himbuan secara persuasif akan tetap dilakukan dilapangan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahrga, Hadi Susilo, mengungkapkan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait agar tidak terjadinya pungli di kawasan wisata.

“Untuk itu masyarakat agar selalu bisa menerapkan sapta pesona kepada wisatawan, agar ada kenangan yang baik bagi wisatawan ketika dia berkunjung ke Pesisir Selatan,” ungkapnya, Senin 29 Maret lalu.

  • Bagikan