Zuldafri Darma Terima Prestasi Nasional Akhir Tahun Tentang PTU

  • Bagikan
Fhoto : Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma menerima penghargaan dan prestasi nasional untuk daerah di penghujung tahun 2018.(ddy)
Fhoto : Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma menerima penghargaan dan prestasi nasional untuk daerah di penghujung tahun 2018.(ddy)

TANAH DATAR, KABARSUMBAR – Akhir tahun 2018 kembali menjadi prestasi bagi Kabupaten Tanah Datar, Kamis (6/12) kemaren, memperoleh penghargaan di tingkat nasional yang diterima Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma langsung di El Royale Hotel Bandung.

Penghargaan kali ini diberikan oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia atas keberhasilan daerah dalam mengelola pasar, yakni Pasar Nagari Sungai Tarab yang ditetapkan menjadi salah satu pasar yang memperoleh predikat Pasar Tertib Ukur (PTU) oleh tim dari kementerian Perdagangan RI.

Penghargaan Pasar Tertib Ukur (PTU) ini diberikan langsung oleh menteri Perdagangan Republik Indonesia Enggartiasto Lukita dan saat penyerahan penghargaan tersebut, Menteri Perdagangan Republik Indonesia juga melakukan peresmian Daerah Tertib Ukur, Pasar Tertib Ukur dan Unit Metrologi Legal tahun 2018.

Fhoto : Penghargaan Pasar Tertib Ukur (PTU) ini diberikan langsung oleh menteri Perdagangan Republik Indonesia Enggartiasto Lukita kepada Wabup Zuldafri Darma

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, dalam sambutannya menyampaikan bahwa keberhasilan pemerintah dalam menciptakan pasar tertib ukur didaerahnya masing-masing merupakan upaya dalam perlindungan konsumen, serta mendorong persaingan usaha yang sehat.

Menurut Enggartiasto, tertib ukur juga salah satu cara meningkatkan citra daerah bagi masyarakat konsumen melalui jaminan kebenaran pengukuran dan mendukung terwujudnya sistem metrologi legal nasional guna terciptanya perdagangan yang jujur, adil dan transparan.

“Dengan mewujudkan ketertiban dan kepastian hukum dalam pemakaian satuan ukur serta alat-alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya adalah penguat dalam pengawasan dan penegakan hukum dalam membangun kepedulian masyarakat sebagai bagian dalam sistem pengawasan,” ucap Enggartiasto.

Sementara itu Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, usai menerima penghargaan menyampaikan rasa syukur atas keberhasilan Tanah Datar medapatkan predikat dalam hal Pasar Tertib Ukur (PTU).

“Mudah-mudahan predikat PTU ini menjadi cambuk dan motivasi terhadap pasar-pasar yang lain di kabupaten Tanah Datar, karena setelah mendapatkan predikat PTU kita menargetkan untuk mendapatkan predikat Daerah Tertib Ukur (DTU),” sampai Zuldafri yang juga didampingi Kepala dinas Koperindag Marwan dan Walinagari Sungai Tarab Emrizal.

Semua ini ujarnya, tidak lepas dari binaan dinas terkait dalam memberikan motivasi kepada pengelola pasar-pasar yang ada di Tanah Datar.

“Apresiasi kita berikan kepada Kadis Koperidag beserta jajarannya, Walinagari, pengurus pasar dan pedagang yang telah berupaya dan berkerja keras untuk mewujudkan Pasar Tertib Ukur di kabupaten Tanah Datar,” tambah Zuldafri Darma.

Pada acara yang juga dihadiri Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Veri Anggrijono, penghargaan PTU juga diberikan kepada 196 pasar lainnya di 92 kabupaten/kota se-Indonesia. Selain itu Penghargaan juga diberikan kepada 9 Daerah Tertib Ukur (DTU).

Sehingga sampai pada tahun 2018 ini telah terbentuk 1.231 Pasar Tertib Ukur (PTU) di 34 provinsi atau sekitar 13% dari jumlah pasar tradisional di Indonesia yang saat ini tercatat sekitar kurang lebih sebanyak 9.559 pasar dan 32 Daerah Tertib Ukur (DTU) atau sekitar 6% dari jumlah 514 kabupaten/kota yang ada di Indonesia. (Ddy)

  • Bagikan