61 Orang Buru Kepiting dalam Muanggau Mentawai

Wakil Bupati (Wabup) Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake melepas 61 peserta pemburuh Kepiting Endemik (Anggau) di pantai Mapadegat, Selasa (5/9/2017).
Wakil Bupati (Wabup) Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake melepas 61 peserta pemburuh Kepiting Endemik (Anggau) di pantai Mapadegat, Selasa (5/9/2017).

Wakil Bupati (Wabup) Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake melepas 61 peserta pemburuh Kepiting Endemik (Anggau) di pantai Mapadegat, Selasa (5/9/2017). Pelepasan ini merupakan rangkaian acara pembukaan Festival Muanggau Mentawai.

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari Festival Pesona Mentawai yang akan diselenggarakan pada awal bulan Oktober 2017, mendatang.

Wabup mengatakan festival ini salah satu cara mempromosikan budaya lokal Mentawai dan dijadikan isu tingkat nasional maupun Internasional.

“Termasuk pariwisata merupakan ekonomi dunia karena membangun banyak hal, kegiatan ini banyak mendatangkan orang dan akan menjadi manfaat bagi masyarakat. Dengan adanya iven tahunan dan kegiatan unik dapat memotifasi dan merangsang pertumbuhan ekonomi masyarakat,” kata Wabup.

Selain itu, Wabup juga ingin meluruskan persepsi masyarakat yang menanggap Muanggau kegiatan negatif.

Dikatakan Wabup, jika diluar sana menganggap kegiatan ini merupakan ajang mencari jodoh. “Itu salah, kegiatan ini merupakan kebiasaan orang Mentawai dalam melengkapi kebutuhan makanan, walaupun sifatnya musiman sekali setahun disaat bulan purnama,” jelas Wabup.

Wabup berharap, masyarakat tetap menjaga kelestarian dan kebersihan wisata. “Bukan hanya disaat ada iven saja terlihat gambar yang indah supaya populasi Muanggau tetap terjaga,” harap Wabup.

Untuk diketahui, Festival Muanggau merupakan kebiasaan orang Mentawai mencari tambahan pelengkap menu makanan saat badai yang terjadi satu tahun sekali. Kegiatan mencari kepiting endemik dilakukan disekitar pantai saat bulan purnama secara berkelompok.

Loading...
KPU HIMBAUAN
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...