Akreditasi Perguruan Tinggi Mesti Dikebut

Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat.
Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat.

Perguruan Tinggi di Sumatera Barat, Universitas Andalas cukup diunggulkan dalam meraih predikat berbadan hukum ketika dibandingkan dengan perguruan tinggi lainnya. Hal itu dikatakan Sekretaris tim persiapan PTN BH Unand Dr Ade Djulardi, Rabu (27/9/2017).

Namun, terkait akreditasi institusi katanya, telah memenuhi nilai A. Tapi, masih ada beberapa program studi strata, magister masih ada nilai C. Sehingga perlu proses akreditasi ulang. Maka, salah satu yang mesti dikejar ialah akreditasi doktor dan guru besar. Perlu peranana lembaga penjaminan mutu dan pengembangan pendidikan untuk memberikan arahan dan pengawasan terkait dokumen.

Selain Unand ada dua perguruan tinggi yang bisa memeroleh nilai A seperti Universitas Brawijaya dan Universitas Diponegoro, yang telah mendapat mandat menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum. Hanya saja penghambat adalah nilai C.

“Terkait jumlah doktor saat ini sudah lebih lima puluh persen dosen menyandang gelar itu, namun untuk BH diperlukan minimal enam puluh hingga tujuh puluh persen dari total keseluruhan,” kata Ade.

Semestinya sambung Ade, klaster penelitian Unand di Indonesia memudahkan capaian tersebut. Terkait guru besar secara proporsi jumlah dosen yang mencapai 1.377 dan profesor 141 orang. Ini juga telah memenuhi persyaratan 10 persen. Perlu percepatan dalam mengejar jabatan fungsional karena akan ada yang pensiun.

Ade menekankan, agar memperhatikan hal ini terutama civitas akademika. Karena, bisa saja terwujud atau tidak jika tidak ada padanan manajemen antara jurusan, fakultas dan universitas.

Loading...

DomaiNesia

BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...