Daerah  

Alasan DPRD Sumbar Pilih Kominfo Banten Sebagai Tempat Studi Komparatif

Banten dipilih sebagai tempat studi Komparatif. Foto: Internet

Padang – Kominfo Banten dinilai unggul, sehingga DPRD Sumbar datang belajar langsung mengenai ranperda. DPRD Sumbar memerlukan studi komparatif karena ranperda merupakan inisiatif DPRD Sumbar dengan urgensi KIP penting dalam pengelolaan pemerintahan Sumbar.

DPRD Sumbar menilai Kominfo Banten memiliki pengalaman yang banyak dalam menangani ranperda dilihat dari Perda KIP Banten yang telah berumur 12 tahun. Perda 8 tahun 2012 tentang KIP inisiasi Pemprov dan dibahas bersama DPRD yang dikawal oleh Komisi I DPRD Banten.

“Perda dikuatkan dengan Pergub tentang pengelolaan dan pelayanan informasi publik di Pemprov Banten. Dan Pergub lain yang menegaskan Kominfo Persandian Banten adalah wali data Pemprov Banten,” tutur Kadis Kominfo Persandian Pemprov Banten Ir. Hj. Eneng Cahyati didampingi Komisi I DPRD dan Komisi Informasi Banten.

Selain itu ada penguatan PPID Pembantu se Pemprov Banten dan menyatukan visi standar pelayanan informasi publik di Pemprov Banten.

“Satu pemahaman baik atasan, bapak gubernur kami sampai pejabat publik untuk keterbukaan informasi publik dan sinergisitas dan kolaborasi dengan Komisi Informasi dan DPRD Banten,” ungkap Eneng selaku Kadis Kominfo Pemprov Banten.

Dalam menciptakan pengelolaan pemerintahan yang akuntabilitas dan transparansi diperlukan KIP. Hal inilah menjadi alasan DPRD lakukan studi komparatif langsung pada Dinas Kominfo Banten.