Belasan Tahun Tanpa Sambungan Listrik, Kini Rumah Yeni Terang Benderang

Belasan Tahun Tanpa Sambungan Listrik, Kini Rumah Yeni Terang Benderang

Padang Pariaman – Salah satu keluarga di Patamuan, Kab. Padang Pariaman sudah 13 tahun tidak memiliki sambungan listrik , akhirnya mendapatkan manfaat program listrik gratis.

Sejak 2009 lalu, Rumah Yeni belum memiliki sambungan listrik, saat malam hari, lampu togok (lampu minyak tanah) menjadi alternatif utama menjadi sumber penerangan.

Yeni mengucapkan terimkasi berkat listrik gratis kini anaknya tidak kesulitan untuk belajar saat malam hari lagi.

“Terimakasih YBM PLN UP2B Sumbagteng yang telah memberikan sambungan listrik untuk rumah saya, sehingga saya bisa cepat memasak nasi dengan rice cooker, biasanya masak dengan tungku. Dan dapat memudahkan anak saya ketika belajar malam,” ujar Yeni Putri, saat tim DD Singgalang mengunjungi rumah kediamannya pada Kamis 13 Januari 2022.

Ketua YBM PLN UP2B Sumbagteng M. Wahyudi Azri menyampaikan, pengadaan sambungan listrik ini, adalah inisiatif dari YBM PLN UP2B Sumbagteng sinergi dengan Dompet Dhuafa Singgalang.

Program ini adalah program perdana di YBM UP2B Sumbagteng, yaitu program pemasangan listrik gratis untuk masyarakat kurang mampu. Dana program ini bersumber langsung dari YPM PLN Pusat yang ada di Jakarta.

“Alhamdulillah kita dari YBM UP2B Sumbagteng membuat usulan dan disetujui. Hal ini juga dapat dilaksanakan berkat adanya aplikasi YBM PLN yang dapat di download di Play store. Dengan aplikasi ini YBM tiap unit bisa membuat usulan program langsung ke YBM PLN Pusat,” katanya.

Ia mengharapkan program ini diharapkan dapat laksanakan setiap bulannya. Target setiap bulan dapat membantu satu keluarga.

“Hal ini tergantung persetujuan dari pengurus YBM PLN Pusat, kami mohon doa dari Bapak Ibu semua agar program ini dapat berjalan dengan konsisten,” katanya.

Program ini adalah program perdana di YBM UP2B Sumbagteng, yaitu program pemasangan listrik gratis untuk masyarakat kurang mampu. Dana program ini bersumber langsung dari YPM PLN Pusat yang ada di Jakarta.

“Satu hal lagi, Alhamdulillah program ini juga dapat terlaksana berkat bantuan DD Singgalang. Baik dalam mencarikan usulan penerimaan manfaat serta dalam eksekusi pelaksanaannya. Saya mewakili YBM PLN mengucapkan Jazakallah Khairan kepada tim DD Singgalang. Semoga Allah balas dengan kebaikan di dunia dan akhirat,” imbuhnya.

“Kami juga sangat berharap doa Bu Yeni dan keluarganya, agar seluruh keluarga besar YBM PLN serta kita semua Allah beri keberkahan rezeki dan kesehatan, agar YBM PLN dapat menebar manfaat bagi umat,” sambungnya.

Sementara itu, Novil Oksan Putra selaku Supervisor Fundraising DD Singgalang mengatakan, pengusulan sambungan baru listrik ini berawal dari survei ke lokasi pada Kamis 2 Desember 2021, dari hasil survei tampak yang urgen dibantu adalah penyambungan listrik.
.
“Lebih kurang 13 tahun rumah Bu Yeni berdiri, sama sekali belum ada aliran listrik, jadi kami usulkan kepada partnership YBM PLN UP2B Sumbagteng untuk pemasangan listrik, Alhamdulillah pihak YBM PLN UP2B Sumbagteng menerima usulan pemasangan listrik tersebut, dalam waktu dua minggu pasca survei, proses penyambungan listrik pun terlaksana pada Selasa 11 Januari 2022,” ujar Novil.

Novil juga menambahkan bantuan listrik ini dapat membuat keluarga Yeni lebih maju dan memudahkan anak-anaknya untuk belajar lebih giat.

“Kami berharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi Bu Yeni dan keluarganya. Dapat memudahkan anak-anak untuk belajar dan membuat tugas di malam hari,” imbuhnya.

Sekedar informasi lokasi rumah Bu Yeni termasuk jauh dari keramaian, butuh waktu satu setengah jam jika berangkat dari Kota Padang agar sampai ke rumahnya. Akses jalan warga disana pun belum terlihat bagus, sebagian masih jalan tanah dan sebagian lagi jalan kerikil. Kita harapkan semoga ada perhatian dari pemerintah setempat untuk perbaikan jalan tersebut.