Bupati Solok Buka Secara Resmi Event Gowes Salingka Danau

Solok Arosuka – 2000 Peserta meramaikan Event Gowes Salingka Danau yang digelar Pemerintah Kabupaten Solok, kegiatan ini diikuti tidak hanya dari masyarakat Kabupaten Solok saja, namun juga dari beberpa daerah tetangga juga ikut meramaikan event akbar ini yang berlokasi  di Villa Alahan Panjang Resort, Minggu (30/10/2022).

Bupati Solok, Epyardi Asda mengatakan, Event Gowes Salingka Danau ini selain dalam rangka memeriahkan Hari Sumpah Pemuda di Kabupaten Solok, sekaligus merupakan ajang untuk membangkikan perekonomian masyarakat Kabupaten Solok, ungkap Bupati sebelum melepas peserta Gowes Salingka Danau.

“Mudah-mudahan dengan adanya event ini memperkuat dan memajukan Kabupaten Solok khusunya di bidang pariwisata,” sebut bupati.

Turut mendampingi Bupati, Anggota DPR RI Athari Gauthi Ardi, Pimpinan DPRD Kabupaten Solok Ivoni Munir, Ketua TP PKK Kabupaten Solok Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, Sekda Kab. Solok Medison dan peserta gowes.Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Solok, M.Alfajri mengatakan, Event Gowes Salingka Danau tidak hanya sekedar gowes saja, namun juga diisi dengan festival kesenian dan camping bersama yang diikuti Bupati Solok, goweser, SKPD, camat, wali nagari.

Pada hari pertama diadakan pergelaran produk UMKM dan lomba tari piring tradisi yang diikuti oleh 12 kecamatan dari 14 kecamatan di Kabupaten Solok, tampil sebagai pemenang dalam tari piring ini Kecamatan Lembang Jaya, disusul Juara Kedua Kecamatan Payung Sekaki dan Juara Ketiga Kecamatan Hiliran Gumanti. Sementara Kecamatan Tigo Lurah menjadi pemenang favorit.

Kegiatan dilanjutkan dengan kim dan temu ramah bupati dengan para goweser. Adapun rute Gowes itu dari Alahan Panjang Resor, Danau Ateh dan lanjut ke Danau Talang kemudian finish kembali di Alahan Panjang Resort. Selama kegiatan berlangsung seluruh villa penginapan terisi penuh.

Selain itu, juga ada festival kesenian Talempong Pacik yang diikuti oleh 6 kecamatan. Tampil sebagai juara pertama yakni Payung Sekaki, Juara Kedua Junjung Sirih, Juara ketiga Hiliran Gumanti dan favorit Lembang Jaya.