Dengan Jadi Petani, Anak Muda Berperan Tunda Krisis Pangan

Anggota DPR RI Hermanto menyerahkan beasiswa secara simbolis kepada Kepala UPTD SMK PP, Jamalus.
Anggota DPR RI Hermanto menyerahkan beasiswa secara simbolis kepada Kepala UPTD SMK PP, Jamalus.

Padang — Anggota DPR RI dari Fraksi PKS, Hermanto Memotivasi siswa SMK PP Negeri Padang. Dia menegaskan, banyaknya anak muda yang mau terjun ke dunia pertanian berperan sangat besar menunda krisis pangan di dunia.

Pada acara yang dilaksanakan pada Selasa 20 Februari 2018 itu, Hermanto juga menyerahkan beasiswa pada puluhan siswa SMK PP Negeri Padang.

Hermanto mengaku bangga ada anak-anak yang mau menuntut ilmu di sekolah pertanian. Kata dia, saat ini banyak orang tak berminat turun ke dunia pertanian, karena dianggap pekerjaan kotor dan identik dengan kemiskinan.

“Tapi, sektor pertanian adalah sektor strategis dan bergengsi, serta paling penting. Memang tidak sama dengan orang kantoran. Tapi pertanian menentukan kelangsungan hidup manusia,” ujar Hermanto di hadapan siswa penerima beasiswa.

Menurut Hermanto, harusnya alumni SMP memilih SMK PP sebagai pilihan pertama, karena pekerjaan petani lebih mulia dari pegawai bank atau karyawan swasta.

Hermanto memaparkan saat ini petani kesulitan meminjam uang di bank, karena banyaknya syarat yang harus dipenuhi. Namun, ketika dunia pertanian Indonesia sudah maju, maka suatu saat, pihak bank akan mengelontorkan kredit ke petani.

Dia mengatakan, saat ini petani harusnya menjadi pekerjaan yang semakin disukai anak muda. Karena petani sekarang tak identik dengan lumpur lagi. Namun petani bisa bekerja dengan alat canggih, seperti traktor dan alsintan lainnya.

“Bertani adalah pilihan, anda beruntung memilih hidup di dunia pertanian. Menjadi bagian dari tertundanya krisis pangan. Tak bisa dipungkiri, krisis pangan semakin dekat, namun dengan banaknya anak muda yang mau terjun ke dunia pertanian, krisis pangan akan tertunda,” tegas anggota Komisi IV ini. (adi)