Dua Kelompok Tani di Agam Terima Bantuan Alsintan

Dua kelompok tani yang menerima Alsintan.
Dua kelompok tani yang menerima Alsintan.

Dua Kelompok Tani (Keltan) yang berada di Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam menerima mesin perontok jagung. Hal ini untuk membantu kelompok petani dalam meningkatkan hasil produk pertanian mereka.

“Alat mesin pertanian (alsintan) tersebut disalurkan kepada Keltan guna menjadikan daerah tersebut sebagai daerah pengembangan kawasan tanaman pangan,” kata Kepala Bidang Tanaman Pangan, Zul Efendi di Lubuk Basung, Rabu (30/8/2017).

Bantuan alsintan ini diberikan kepada Keltan Kayu Bakicuik, Nagari Gumarang dan Sinar Harapan, Nagari Salareh Aia, Kecamatan Palembayan.

Penggunaan mesin perontok jagung ini diharapkan mampu menekan biaya produksi petani setelah panen, sehingga akan memperbesar keuntunagan yang diterima petani nantinya.

“Dengan panen berbasis teknologi, nantinya bisa menurunkan anggaran hasil panen selama ini, dengan cara trasional, sehingga panen memberikan nilai ekonomi yang sinifikan bagi petani,” ujarnya.

Menurutnya, bantuan ini berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten, melalui Dinas Pertanian, kegiatan pengembangan jagung di kawasan Gerakan Penyejahteraan Petani (GPP).

“Kita berharap Keltan penerima bantuan dapat memelihara dan memanfaatkan alsintan tersebut dengan baik dan benar,” tuturnya.

Bantuan Alsintan itu, merupakan dukungan dan kepedulian pemerintah kepada petani, untuk meningkatkan produksi tanaman pangan di setiap kecamatan. Kabijakan ini sesuai dengan program ‘Gelora Palembayan’ yang terus diupayakan Pemkab Agam.

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...