Gerakan Petani Tanam Padi Serentak Antisipasi Krisis Pangan

Padang Pariaman – Selain mengapresiasi para petani dalam perannya sebagai penyangga kebutuhan pangan Sumatera Barat dan Indonesia, khususnya di masa pandemi, pemerintah provinsi Sumatera Barat giatkan menanam padi serentak sebagai salah satu gerakan menanam dan percepatan tanam padi di Kelompok Tani Rawan Lokan Nagari Pungguang Kasiak Kecamatan Lubuk Aluang, pada Selasa, 14 Juli 2020.

Gerakan ini diharapkan dapat menjadi langkah percepatan petani untuk menjaga kesediaan kebutuhan pangan.

“Petani di daerah Rawang Lokan ini menjadi bagian dari petani di Sumatera Barat untuk bersama-bersama memenuhi target capaian 3 juta ton untuk Sumatera Barat. Sehingga kita menjadi daerah swasembada pangan nasional dengan dukungan Bupati dan Direktur Kementrian.” kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Sebagai bentuk perhatian dan dukungan pemerintah kepada petani, pemerintah juga menyerahkan benih padi, bibit jagung, dan alat mesin pertanian (alsintan) dengan tujuan agar petani dapat produktif, sehingga target 3 juta ton dapat terpenuhi dan kesediaan kebutuhan pangan terpenuhi.

Direktur Perbenihan, Muhammad Takdir Mulyadi dalam sambutannya, sangat mendukung produktifitas tanaman pangan di Sumatera Barat. Ia mengungkapkan pihaknya pada tahun 2020 telah memberikan bantuan benih padi untuk sekitar 2100 hektar se Sumatera Barat.

“Dengan melihat potensi Sumbar menghasilkan pangan cukup tinggi, sehingga Kementerian Pertanian selalu mendukung kegiatan pertanian khususnya tanaman pangan,” ujar Mulyadi

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...