Gubernur Sumatera barat Tutup Event Rang Solok Baralek Gadang

Solok Kota – Bertempat di hamparan sawah Gawan Kota Solok, Minggu (25/9), Gelaran Iven Nasional “Rang Solok Baralek Gadang” yang termasuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) berlangsung sukses. Kegiatan yang telah berlangsung sejak Kamis (22/9) sampai Minggu (25/9) di Hamparan Sawah Solok telah dikunjungi total 25 Ribu Orang pengunjung dari Provinsi Sumbar dan luar Provinsi Sumbar bahkan Turis Mancanegara seperti Polandia, Australia, Singapore dan Malaysia.
Iven itu secara resmi ditutup Gubernur Provinsi Sumbar, Mahyeldi, Kegiatan penutupan di mulai dengan pawai budaya Kota Solok dengan menampilkan 13 Tradisi Minangkabau dengan start dari Kelurahan Pasar Pandan dan Air Mati (PPA) dan finish di Hamparan Sawah Solok dengan tradisi Makan Baronjin.
Tampak hadir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno diwakili Direktur Pemasaran Pariwisata, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Dwi Marhen Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran, Pj.Wali Kota Payakumbuh, Rida Ananda, para kepala daerah tetangga, Wakil Wali Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Solok, Ketua TP-PKK Sumbar, Ny.Harnelli Mahyeldi, Ketua TP-PKK Kota Solok, Zulmiyetti Zul Elfian Umar, Ketua TP-PKK se-Provinsi Sumbar.
Juga hadir, Anggota DPRD Kota Solok, Sekda Kota Solok, Syaiful A, Kepala OPD, Camat, Lurah se-Kota Solok, Ketua Keluarga Besar Kota Solok (KBKS), penasehat dan perantau Kota Solok, unsur Bundo Kanduang, Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai serta ribuan masyarakat.
Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengatakan, kesuksesan Iven Rang Solok Baralek Gadang ini sangat luar biasa. Seluruh rangkaian kegiatan berjalan lancar serta putaran perekonomian di Event ini sangat besar sekali. “Para pedagang yang saya temui tampak tersenyum lebar karena dagangannya laris,” ujar Mahyeldi.
Disebutkan Mahyeldi, ini semua merupakan buah dari kekompakan, sinergi dan kolaborasi. “Kami lihat Wako dan Wawako serta seluruh stakeholder terkait selalu kompak. Ini merupakan modal utama kemajuan suatu daerah, karena kompak tahun 2023 nanti kita akan bantu 50 Milyar” janji Gubernur.
Dirinya berjanji akan selalu mendukung dan membantu apapun yang diperlukan demi kebaikan masyarakat Sumbar. Selanjutnya, Mahyeldi juga mengatakan, Insya Allah pada Tanggal 1 Oktober 2022 mendatang, bertepatan dengan HUT Provinsi Sumbar, akan dimulai penerbangan perdana Pesawat Jurusan Padang (Indonesia) – Kuala Lumpur (Malaysia) secara langsung. Ini merupakan langkah strategis untuk memajukan pariwisata di Provinsi Sumatera Barat.
Senada dengan gubernur, Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar mengucapkan syukur Alhamdulillah berkat doa dan dukungan kita bersama, acara Rang Solok Baralek Gadang yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dapat berjalan baik dan lancar.
“Ini merupakan bukti, jika telah bersama-sama dalam menjalankan suatu kegiatan maka tidak ada yang berat tidak bisa dipikul dan yang ringan tidak bisa dijinjing,” sebut wako.
Kekuatan ini, semoga juga menjadi suatu faktor kita dalam mewujudkan Solok Berkah, Maju dan Sejahtera (Berjuara).
Ucapan terimakasih atas perhatian luar biasa dari Gubernur Sumbar. Kemarin, Gubernur juga sudah melihat Stadion Marahhadin di Kelurahan Laing dan tadi subuh juga memberikan Tausiyah di Masjid Agung Kota Solok. “Rasa bangga kami memiliki gubernur yang sangat perhatian khususnya Kota Solok,” ujarnya.
Dengan keberhasilan iven Rang Solok Baralek Gadang Tahun 2022 ini, semoga tahun depan Kota Solok akan masuk lagi dalam Kharisma Event Nusantara (KEN).