Ini Alasan Emzalmi-Desri Nekat Mendaftar ke Gerindra

Emzalmi-Desri mendaftar di DPC Gerindra Padang.
Emzalmi-Desri mendaftar di DPC Gerindra Padang.

Meski Partai Gerindra disebut-sebut koalisi abadi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kandidat Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang, Emzalmi-Desri Ayunda nekat mendaftar ke DPC Gerindra Kota Padang, Senin 6 November 2017.

Emzalmi-Desri datang didampingi tokoh-tokoh Kuranji, di antaranya Marzuki Umar dan Evi Yandri Rajo Budiman. Mereka disambut tim penjaringan Calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Padang DPC Gerindra, Erizal dan Masrizal Aye.

Saat pendaftaran, Desri Ayunda yang mendaftar sebagai Wakil Wali Kota Padang mengatakan, meski Gerindra disebut-sebut koalisi abadi PKS, Emzalmi-Desri nekat mendaftar ke Gerindra karena mereka menyadari bahwa mereka bukan kader partai mana pun.
“Jadi, kalau ada yang membuka pendaftaran, kami akan mendaftar. Kebetulan Gerindra membuka pendaftaran, artinya ada peluang,” ujar Desri.

Sedangkan Mahyeldi mengatakan, mereka mendaftar adalah bukti keseriusan pasangan Emzalmi-Desri. “Dari awal sepakat kami maju dengan parpol, tidak independen. Untuk itu, kami penuhi seluruh pendaftaran untuk maju melalui parpol. Termasuk mendaftar ke Partai Gerindra,” ujar Emzalmi.

Dia menegaskan, pasangan ini pasangan untuk semua, bukan kelompok tertentu. Sehingga yakin Gerindra akan mempertimbangkan untuk mengusung mereka.

Sekretaris DPC Gerindra Padang yang juga Ketua Penjaringan Calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Padang, Erizal mengatakan, DPC Gerindra Padang hanya melakukan penjaringan dan memberikan rekomendasi ke DPP untuk selanjutnya ditetapkan DPP.

“Dalam memberikan rekomendasi kami melihat sosok, popularitas dan elektabilitas. Jadi tidak harus kader,” jelasnya.

Dikatakannya,  DPC Partai Gerindra Kota Padang menghitung plus minus masing-masing colon yang mendaftar, sehingga tidak tertutup kemungkinan yang diusung itu dari luar partai.
“DPP memutuskan berdasarkan usulan DPC. Berdasarkan mekanisme,  dari DPC ke DPW dan sampai ke DPP. Untuk itu,  kami melihat keseriusan para calon yang mendaftar. Mudah-mudahan rekomendasi Ini jatuh pada Pak Em dan Pak Des,” ungkapnya.