Kampus IAIN Batusangkar Akui Plagiat Data, Wisuda Mahasiswa FEBI Terkendala

 

TANAH DATAR, KABARSUMBAR – Terkendalanya wisuda sekitar 100 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi Berbasis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, diduga kuat akibat lakukan plagiat data yang dilaporkan ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Bocornya informasi tersebut, saat puluhan mahasiswa fakultas itu melakukan pemasangan spanduk dibeberapa tempat di kampus IAIN mempertanyakan wisuda yang sempat diundur oleh pihak kampus.

“Informasi itu kita peroleh dari orang dalam kampus itu juga, jika ditundanya wisuda yang dijanjikan pada November 2018 lalu, terkendala adanya plagiat data yang diajukan ke BAN- PT untuk akreditasi fakultas,” ucap salah seorang mahasiswa yang engan ditulis namanya saat ditemui kabarsumbar, Kamis (21/02) lalu.

Sementara itu, Bagian Humas IAIN Batusangkar Kardinal ketika dikonfirmasi beberapa orang wartawan, mengakui jika wisuda mahasiswa fakultas FEBI di IAIN Batusangkar terkendala akreditasi di BAN PT.

“Selain itu, kita juga menunggu kedatangan asesor. Kita akui asesor di perbankan sangat terbatas,” ujarnya.

Diwaktu yang sama ketika dikonfirmasikan kepada Dekan Fakultas Ekonomi Berbasis Islam IAIN Batusangkar, Ulya Atsani mengakui jika ada kendala dalam mewisuda mahasiswa FEBI tersebut.

“Salah satunya terkendala di BAN PT yang meminta melakukan perbaikan data untuk akreditasi fakultas. Sebelumnya akreditasi FEBI adalah B, namun untuk syarat wisuda tahun ini harus mengulang kembali akreditasnya,” sebut Ulya.

Katanya, kendala tersebut juga adanya data yang sama dan itu sudah diperbaiki sehingga sudah ada keputusan untuk kedatangan asesor pada tanggal 10 Maret mendatang.

“Kalau tidak ada aral, akhir Maret ini kita sudah bisa melaksanakan wisuda,” tutur Ulya. (Ddy)

Loading...
DomaiNesia
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...