Irwan Prayitno Resmi Lantik Pjs di Sumbar, Berikut Daftarnya !

Padang – Sebanyak 8 orang pejabat sementara (Pjs) dilantik oleh Gubernur Irwan Prayitno sebagai kepala daerah di Sumatra Barat (Sumbar).

Proses pelantikan Pjs oleh Gubernur dilaksanakan di Aula Gubernuran yang merupakan Pejabat Eselon II dari Pemprov Sumbar.

“Semua adalah kepala SKPD di Sumbar, barusan jam 5 tadi dikirimkan dari Kemendagri, sehingga agak molor sedikit karena persoalan administrasi,” ungkap Gubernur Sumbar.

Pengukuhan 8 Pjs dilakukan karena kepala daerah di masing-masing daerah tersebut ikut dalam pemilihan kepada daerah (Pilkada).

Karna hal itu, mengakibatkan kekosongan jabatan sehingga sesuai aturan, petahana yang memilih maju Pilkada, harus cuti selama masa kampanye selama 71 hari, sejak 26 September.

“Beliau ini akan menjadi pejabat selama 71 hari, mereka melaksanakan tugas sebagai PJs,” jelasnya.

Mulai besok Sabtu, 26 Agustus 2020 mereka akan bekerja di daerah masing-masing karena sesuai dengan tahapan Pilkada, pada tanggal 26 September dimulai masa kampanye pasangan calon.

Pilkada Serentak 2020 terdapat 13 daerah yang menyelenggarakan pilkada ditambah dengan 1 Pilgub, dari 13 itu hanya 8 daerah yang akan diisi kekosongan karena petahana kembali maju, sementara 5 lagi kepala daerahnya tidak maju. Total ada 13 pilkada di Sumbar dan 1 Pilgub.

Para pertahana akan memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan kebijakan bersama DPRD, dan juga memelihara ketertiban masyarakat dengan semestinya.

Adapun daftar Pjs kepala daerah di Sumbar berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang penunjukan pejabat sementara :

1. Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Adib Alfikri jadi Bupati Padang Pariaman.
2. Kepala Inspektorat Sumbar Mardi menjadi Pjs Bupati Pesisir Selatan,
3. Kepala Dinas Kominfo Sumbar Jasman Rizal menjadi Pjs Solok Selatan.
4. Kepala Dinas Perdagangan Sumbar Asben Hendri sebagai Pjs Walikota Solok.
5. Kepala Bappeda Sumbar Hansastri jadi Pjs Bupati Pasaman Barat.
6. Asisten II Pemprov Sumbar Benny Warlis jadi Pjs Bupati Agam
7. Kepala Bakeuda Sumbar Zaenuddin jadi Walikota Bukittingi
8. Kepala BPBD Sumbar Erman Rahman menjadi Bupati Tanah Datar.

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...