Komisi V DPRD Sumbar Dukung Venue MTQ Nasional di Padang Pariaman

Pariaman – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Padang Pariaman Jonpriadi menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi V DPRD Sumatra Barat.

Kunker itu dalam rangka persiapan Pemerintah Daerah terhadap penyelenggaraan perhelatan MTQ Nasional ke XXVIII pada Rabu 26 Februari 2020 di Ruang Rapat Bupati Kabupaten Padang Pariaman.

Sekda mengapresiasi atas kunjungan ini, termasuk kepada Pemrintah Provinsi yang telah meberikan bantuan infrastruktur dalm pembangunan akses jalan menuju main stadium

“Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman juga telah menganggarkan melalui Melalui APBD kabupaten Padang Pariaman tahun 2020 yang akan digunakan untuk membenahi jalan dan infrastruktur menuju main stadium yang tidak dijamah bantuan dari Provinsi sebanyak 13-15 M yang merupakan tanggung jawab dan kewenangan pemerintah kabupaten Padang Pariaman dan aakan diselesaikan sebelum pembukaan MTQ Nasional ke 28 ini,” kata Sekda.

Sekda menyebut, Padang Pariaman akan membuat edaran jika pasca kegiatan MTQ Nasional ini seluruh lapisan masyarakat termasuk bagi perantau diharapkan dapat mengenakan pakain muslim dalam rentang waktu satu bulan, hal ini merupakan salah satu venue yang digalakan oleh bupati untuk menanamkan nilai-nilai dan aqidah agama islam

“Pembenahan dilakukan tidak hanya pada lokasi mtq namun juga akan diperbaiki infrastruktur lainnya yang berkemungkinan dikunjungi oleh para tamu MTQ dan juga termasuk persiapan dalam menyambut Penas Tani seperti pemondokoan dan tempat wisata seperti Tiram dan Malibo Anai sehingga membawa nama baik Sumatra Barat,” lanjutnya.

Ia menambahkan, antusias masyarakat Kabupaten Padang Pariaman dalam menyambut event besar ini serta berkomitmen untuk mensukseskan agenda besar daerah ini.

Sementara itu anggota Komisi V DPRD Sumbar Maigus Nasir memberikan masukan mengenai persiapan MTQ Nasional ini, ia berharap agar Kabupaten Padang Pariamn tidak hanya menjadi tuan dalam perhelatan namun juga harus dapat menupayakan akan dislenggrakannya salah satu cabang perlombaan dalam MTQ ini yang diharapakan bertempat di Mesjid Raya Kabupaten Padang Pariaman.

“Kami segenap Komisi V DPRD Sumbar sangat berharap MTQ tidak hanya sekedar musabaqah atau perlombaan saja namun juga harus ada dampak terhadap masayarakat luas yg memiliki income dan manfaat bagi masyarakat contohnya adanya perubahan perilaku pada masyarakat . Serta Pasca MTQ Nasional ini keberadaan Main Stadium yang menjadi tempat pembukaan MTQ dapat dimanfaatkan masyarakat tidak hanya di kabupaten Padang Pariaman juga dapat dimanfaatkan Masyarakt Sumatra Barat,” katanya.

Ia menambahkan, dalam mensukseskan MTQ Nasional harus adanya partisipasi dari masyarakat serta juga perlu dibangun mentalitas yang baik terkait kesiapan masyarakat dalam menyambut event besar ini serta pengamanan yang maksimal agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Dilain sisi, Sitti Izzati Aziz anggota DPRD sumbar yang merupak putri daerah kabupaten Padang Pariaman juga menambahkan Komisi V DPRD Sumbar sudah menganggrakan sebesar 270 M khusus pembuatan jalan Buayan menuju main stadion.

Ia menyarankan agar Pemkab lebih fokus dalam memperbaiki infrastruktur jalan terutama di Nagari Singgusling yang merupakan jalan lain menuju Main Stadion.

Hal ini agar pada saat terselenggaranya MTQ tidak bertumpu pada satu titik pintu masuk.

Sitti sendiri akan memfasilitasi Kabupaten Padang Pariaman untuk ditunjuk sebagai pelaksana Cabang Tilawah dan Tahfidz yang direncanakan diadakan di Mesjid Raya Padang Pariaman dan Di Mesjid Agung Syech Burhanuddin pada MTQ Nasional nanti.

Para anggota Komisi V DPRD Sumbar mengapresiasi respon cepat Bupati Padang pariaman dalam mendukung program pemerintah serta memberikan kemudahan dalam pembangunan.

Loading...
DomaiNesia
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...