Kota Solok Masih Zona Hijau Dari Covid-19

Solok Kota – Sampai hari ini Jumat 8 Mei 2020 Kota Solok masih termasuk wilayah yang aman dari serangan Covid-19 atau Virus Corona, hal tersebut dapat diketahui dari hasil Swab Test yang sudah keluar dimana dinyatakan 4 orang dengan status (Orang Tanpa Gejala) OTG dinyatakan Negatif.

Dengan Keluarnya hasil Swab Test tersebut maka Kota Solok masih termasuk Kategori Zona Hijau. Dimana sebelumya empat warga Kota Solok menjadi OTG setelah diketahui dari hasil tracking, punya kontak erat dengan keluarganya yang sudah positif corona di RSUD Padang Panjang (klaster Panyalaian).

Wali Kota Solok Zul Elfian melalui Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kota Solok, Nurzal Gustim, mengatakan, pasien tersebut negatif corona, tetapi tetap harus mengikuti isolasi mandiri.

“Pagi tadi (kemaren, red) keluar hasilnya. Tapi tetap harus isolasi sampai selesai 14 hari,”ucapnya.

Disampaikannya, tes swab tersebut dilakukan dua kali jika yang bersangkutan (OTG) tersebut ada indikasi medis (positif), maka dilakukan tes swab ulang 10 hari kemudian. Namun hasilnya negatif.

“Makanya Dinkes lebih milih swab ketimbang rapid. Karena rapid malah tidak dianjurkan,” ujarnya.

Pelacakan bermula pada seorang keluarganya tersebut bekerja sebagai tenaga medis di RSUD Padang Panjang dan pernah kontak dengan pasien dari Jakarta (positif corona) di RSUD tersebut pada 21 April.

Dan pada 23-24 April petugas medis tersebut pulang ke Solok tempat keluarganya. Hasil tes yang bersangkutan (tenaga medis) positif tanggal 30 April. Jadi, secara prosedurnya keluarganya yang di Keluarahan VI Suku, Kota Solok menjadi OTG sebanyak 4 orang.

Mereka diminta untuk isolasi mandiri di rumah dan dites swab. Bahkan 4 orang yang satu keluarga tersebut sempat menolak, dan setelah diberi pemahaman oleh petugas akhirnya OTG tersebut mau ikut tes swab.

Informasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Kota Solok , Jumat 8 Mei 2020, Pukul  8.00 Wib Jumlah PPT baru : 14 orang, ODP baru : 0 orang, dan Penambahan PDP baru 0 orang.

Dengan demikian total akumulasi PPT sampai hari ini adalah 1.369 orang, yang telah selesai pemantauan sebanyak 1.226 orang, dan yang sedang dalam Pemantauan sebanyak 143 orang.

Total Akumulasi ODP di Kota Solok adalah 130 orang, yang telah selesai pemantauan sebanyak 119 orang, dan ODP yang sedang dalam pemantauan sebanyak 11 orang.

Fernandez

 

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...