Petugas KPPS 02 Pariaman Kompak Gunakan Pakaian Adat

PARIAMAN, KABARSUMBAR – Salah satuTPS (Tempat Pungutan Suara) yang ada di kota Pariaman, tepatnya di Punggung Lading Kecamatan Pariaman Selatan, seluruh petugas melayani pemilih dengan menggunakan pakaian adat Minangkabau.

TPS unik itu adalah TPS 02, yang berada di Punggung Lading Kota Pariaman.

Mereka berpakaian anak daro atau pengantin perempuan dan pakaian marapulai atau pengantin laki laki.

Selain itu, TPS juga dihiasi dengan renda-renda seperti pelaminan untuk pesta pernikahan 263 warga yang mempunyai hak pilih di TPS 02 Punggung Lading ini, dengan antusiasnya menggunakan hak pilihnya mencari pemimpin yang sesuai dengan hati nuraninya.

Ide berpakain adat Minangkabau ini timbul dari keinginan ketua KPPS untuk meningkatkan partisipasi pemilih, meski harus mengeluarkan dana dari ‘koceknya’ sendiri, untuk menyediakan pakaian penganten ini.

“Ini ide dan dana dari saya sendiri, tujuannya untuk menyukseskan pemilu 2019, dan berharap agar masyarakat mau dan tertarik datang ke TPS untuk memilih,” kata Dasril, Ketua KPPS 02 Punggung Lading.

Ide kreatif yang baru kali ini dilakukannya, rencananya akan tetap terus dilakukan pada pemilu mendatang, agar partisipasi masyarakat menggunakan haknya tetap tinggi.

[Rizki Pratama]

Loading...

BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...