Piala Adipura Akhirnya Berlabuh di Kota Solok

SOLOK, KABARSUMBAR – Di Halaman Balaikota Solok, Piala Adipura disambut dengan haru oleh Wakil Walikota Solok Reinier bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok dan ratusan pasukan kuning “Solok Berdasi”, Selasa (15/01/2019).

Eufhoria tersebut sangat wajar tampak di wajah para pejuang kebersihan di Kota Solok,mengingat telah 5 tahun piala tersebut absen tidak singgah di kota yang dijuluki Kota Beras Serambi Medinah.

Dengan panas matahari yang sedikit menyengat, tidak memudarkan semangat Reinier beserta rombongan untuk membawa Piala Adipura tersebut diarak mengelilingi Kota Solok.

Reinier menyampaikan Piala Adipura yang diraih Kota Solok tahun ini melalui mekanisme penilaian yang berlangsung selama 10 bulan pada 2018 itu dilaksanakan di 29 lokasi di Kota Solok. Secara keseluruhan lokasi pemantauan tersebut mewakili 13 kriteria yang ada pada program Adipura.

Lokasi-lokasi pemantauan untuk dinilai di antaranya perumahan, pasar tradisional, perkantoran, kawasan pertokoan, sekolah, jalan, sampai dengan Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Upaya yang kami lakukan untuk menjaga kebersihan masih jauh dari sempurna. Kami meminta seluruh stakeholder untuk membantu kami dalam menjaga kebersihan Kota Solok,” ujarnya.

Wawako Reinier juga mengatakan, predikat kota bersih kembali bisa diraih Kota Solok berkat kerja keras dan keseriusan dari semua pihak. Tentu saja, yang paling utama berkat kerja keras ‘pasukan kuning’ yang selalu menjaga kebersihan Kota Solok.

“Atas kerja keras ‘pasukan kuning’ dalam membersihkan Kota Solok, Pemko Solok akan memberikan reward sebesar Rp 500.000 per orang,” sebutnya.

Reinier meminta kepada masyarakat dan ‘pasukan kuning’ secara bersama-sama untuk terus menjaga kebersihan Kota Solok agar predikat kota bersih akan tetap dipertahankan untuk tahun-tahun berikutnya.

Seperti diketahui, Adipura merupakan sebuah penghargaan dari Pemerintah Indonesia (Kementerian Negara Lingkungan Hidup), yang diberikan kepada kabupaten atau kota yang dinilai berhasil dalam mengelola kebersihan dan lingkungan perkotaan secara berkelanjutan.

Senin (14/1), Walikota Solok H. Zul Elfian, S.H, M.Si menerima langsung penghargaan tersebut dari Wakil Presiden (Wapres) RI Jusuf Kalla dalam acara Penganugerahan Adipura dan Green Leadership Kepala Daerah dan Pimpinan DPRD di Auditorium Dr. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti Kementerian LHK.

Usai menerima penghargaan, Walikota Solok menyampaikan rasa syukurnya atas berkah Allah pada Kota Solok. Karena telah cukup lama tidak menerima penghargaan Adipura, yang terakhir tahun 2012.

“Alhamdulillah, Piala Adipura kategori Kota Kecil ini merupakan yang pertama saya terima sejak jadi Walikota. Cukup lama kita tidak meraihnya. Oleh karena itu, kita wajib bersyukur akhirnya Allah menjawab usaha selama ini. Saya atas nama Pemerintah Kota mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat, stakeholder dan tentunya saudara-saudara pahlawan kebersihan mulai unsur pimpinan tentunya juga atas dukungan penuh dari ‘pasukan kuning’ sehingga Adipura bisa kita bawa kembali ke Kota Solok Kota Beras Serambi Madinah. Si anak hilang telah kembali,” ungkap Wako usai menerima penghargaan.

Pemerintah Kota Solok akan terus melakukan perbaikan-perbaikan dan pembinaan terkait pengelolaan sampah di Kota Solok.

“Kita berharap, apa yang kita peroleh hari ini menjadi penyemangat untuk lebih giat lagi dan tentunya berkat dukungan dan kerjasama dari seluruh unsur dan masyarakat di Kota Solok. Terutama keseriusan dari Dinas LH Kota Solok beserta jajaran dan didukung OPD terkait lainnya,” tutupnya.

(Fernandez)

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.