Bertaruh Nyawa, Berikut Tugas Brimob Polri

  • Bagikan
Foto : ilustrasi

Padang РKorps Brigade Mobil Kepolisian Republik Indonesia atau lebih dikenal dengan Korps Brimob Polri merupakan unit tertua yang ada dalam organisasi Polri. Jika di dunia internasional dikenal sebagai SWAT. Bertugas menjaga keamanan dan mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari berbagai  ancaman dan gangguan Kamtibmas seperti gerakan radikal bersenjata, aksi terorisme dan pengamanan unjuk rasa yang anarkis.

Tugas Korps Brimob Polri sering kali berisiko tinggi. Hal ini yang membuat latihan-latihan Brimob selalu menegangkan. Seperti menjalankan tugas menjaga keamanan di Papua.

Brigade Mobil (Brimob) di Papua tantangan cukup tinggi dibanding daerah lain, terutama segi geografis Papua yang begitu luas dan sulit dijangkau. Selain itu medan yang cuku menantang menjadikan bertugas di Papua cocok menjadi bagian dari program pelatihan dari Brimob, sehingga setiap tantangan tugas yang dihadapi bisa dilaksanakan dengan baik.

Baca Juga :  Wakil DPD RI : Budaya Warisan dan Ketahanan NKRI Harus Dijaga

Brimob merupakan satuan kebanggaannya, karena mereka memang disiapkan untuk mengatasi setiap permasalahan. Dalam istilah intensitas tinggi dalam menghadapi gangguan kamtibmas yang menggunakan senjata, aksi teroris dan sebagainya.

Namun, satuan Brimob ini telah mengambil bagian dalam setiap aktivitas kepolisian di tengah masyarakat, baik dalam menangani gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat, maupun dalam tugas pelayanan, seperti SAR atau bantuan kemanusian lainnya.

  • Bagikan