Bukittinggi Kembali Raih Laporan Keuangan dengan Predikat WTP

BUKITTINGGI, KABARSUMBAR – Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi kembali menerima Opini Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) keenam kalinya.

Laporan itu diterima dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Bukittinggi tahun 2018.

LHP itu langsung diterima Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias dan Ketua DPRD Bukittinggi Beny Yusrial dari Kepala BPK RI Sumatera Barat Pemut Aryo Wibowo di kantor BPK RI Sumbar, Khatib Sulaiman, Padang, Senin 20 Mei 2019.

Kepala BPK RI Pewakilan Sumbar Pemut Aryo Wibowo mengatakan, pemeriksaan terhadap laporan keuangan ini bertujuan untuk memberikan opini tentang kewajaran penyajian dari laporan keuangan pemerintah daerah.

“Pemberian opini ini merupakan pernyataan profesioanal pemeriksa mengenai kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan dengan kriteria. Kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, efektifitas sistem pengendalian internal dan penerapan standar akuntansi pemerintahan serta pengungkapan yang cukup,” kata Aryo.

Aryo juga mengapresiasi Pemko Bukittinggi yang telah dapat mempertahankan opini WTP untuk keenam kalinya secara berturut-turut.

“Ini sebagai bukti Pemerintah Kota Bukittinggi telah mematuhi peraturan pengelolaan keuangan negara, sehingga dapat mempertahankan opini WTP untuk keenam kalinya secara berturut – turut,” ujar Aryo.

Sementara itu, Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias mengaku berterima kasih atas penghargaan WTP yang diterima tersebut.

Dikatakan Ramlan, penghargaan yang diterima merupakan hasil capaian dari segenap komponen Pemko Bukittinggi yang telah berhasil melakukan penyusunan laporan sesuai dengan tata kelola keuangan yang baik.

“Alhamdulillah, dibulan Ramadhan 1440 Hijriyah yang penuh berkah ini kita kembali menerima penghargaan opini WTP dari BPK atas LKPD tahun 2018. Kita patut bersyukur karena ini adalah untuk keenam kalinya secara berturut-turut diterima Pemko Bukittinggi,” kata Ramlan.

“Diraihnya opini WTP ini tentunya tidak lepas dari kerja keras serta komitmen dari semua aparatur pemko Bukittinggi dalam peningkatan kinerja khususnya bidang pengelolaan keuangan dan pertanggungjawaban keuangan daerah, disamping sebagai buah manis dari kesungguhan dan komitmen bersama eksekutif dan legislatif untuk mewujudkan anggaran yang baik, transparan dan akuntabel,” sambung Ramlan.

Ramlan menyebut, jika perolehan opini WTP secara berturut-turut itu menandakan jika jajarannya, telah bekerja keras dalam menjalankan roda pemerintahan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Semoga prestasi ini menjadi motivasi dan spirit, khususnya dalam penyusunan dan pelaporan tata kelola keuangan daerah, dan opini WTP ini dapat dipertahankan pada tahun-tahun yang akan datang,” harap Ramlan.

Loading...
DomaiNesia
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...