Bupati Tanah Datar Resmikan Nagari Tabek Patah, Nagari Binaan Berbasis Teknologi Informasi

  • Bagikan
foto : humas tanah datar

Tanah Datar – Nagari Tabek Patah merupakan nagari yang diilih oleh IPDN kamus baso Sumatra Barat sebagai tempat kerja sama yang mana akan dilakukan melalui program kerja lapangan praja. Program kerja lapangan praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) ini bekerja sama dengan Universitas Bung Hatta selama 3 tahun sesuai MoU yang telah disepakati bersama pemerintah Kabupaten Tanah Datar di tahun 2020.

Nagari Tabek Patah dipilih karena ketersediaan sumber daya yang cukup baik itu dari sektor pertanian, perdagangan, dan juga sektor pariwisatanya. Setelah adanya kesepakatan bersama tersebut, Bupati Tanah Datar Eka Putra meresmikan nagari binaan berbasis teknologi informasi di Nagari Tabek Patah Kecamatan Salimpaung, pada hari Sabtu (10/4/2021).

Program yang akan dijalankan di Nagari Tabek Patah ini mencakup optimalisasi website sebagai wadah informasi dan promosi seluruh potensi daerah. Selain itu juga dilakukan pelatihan bahasa Inggris bagi  20 pelaku wisata guna menunjang fasilitas  wisatawan yang berkunjung ke Nagari Tabek Patah.

Bupati Eka dalam peresmian tersebut berharap dengan diresmikannya nagari binaan ini maka juga berdampak pada pembagunan di Tanah Datar. Bupati juga berharap Kerjasama segala pihak guna mendukung program ini agar program ini berjalan dengan baik. Bupati juga meminta Kepala Perangkat Daerah sampai ke Pemerintahan Nagari untuk dapat menfasilitasi kegiatan tersebut. Di akhir sambutan, Bupati Eka Putra berpesan kepada praja IPDN sebagai pelaksana program ini  untuk membaur ke masyarakat guna menunjang keberhasilan program ini.

Sementara itu, Rektor IPDN diwakili wakil rektor IV bidang kerjasama Deti Mulyati mendukung terlaksananya program pembinaan nagari  itu, “inilah wadah pengabdian kepada masyarakat, tempat untuk melihat potensi nagari. Tidak menutup kemungkinan program ini dapat diperpanjang,”  ujar Deti Mulyati.

Disamping itu, Direktur IPDN kampus Sumbar Tun Haseno mengatakan  kegiatan ini tidak akan berjalan tanpa ada dukungan semua pihak. Hal itu senada dengan yang dikatakan Rektor Universitas Bung Hatta Tafdil Husni bahwa kerjasama dapat membawa nagari Tabek Patah menjadi nagari yang berkembang sehingga ditiru oleh nagari lainnya.

  • Bagikan