Budaya  

Hanya Ada di Sumatera Barat, Berikut Tradisi yang Masih Sering Dilakukan Hingga Sekarang !

Upacara Tabuik biasa dilaksanakan di kota Pariaman. Foto: Adira

Padang – Di Sumatera Barat, kamu pasti akan selalu temui banyak tradisi unik yang masih sering dilakukan oleh masyarakat setempat. Mulai dari upacara pernikahan hingga kematian.

Tradisi ini selalu dilakukan masyarakat Sumatera Barat sebagai ritual yang telah mendarah daging. Jika kamu ingin berkunjung ke Sumatera Barat, sebaiknya kamu mencari momen yang tepat agar bisa menyaksikan tradisi tersebut secara langsung.

Berikut 4 Tradisi unik yang tidak boleh kamu lewatkan jika berkunjung ke Sumatera Barat :

1. Upacara Turun Mandi

Upacara Turun Mandi di Minangkabau. Foto: Mari Membaca

Upacara ini dilakukan ketika lahirnya seorang anak ke dunia. Upacara ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah karena telah memberi rezeki berupa seorang anak.

Upacara turun Tabut mandi ini bertujuan untuk memberi tahu masyarakat bahwa telah lahir seorang keturunan baru dari satu keluarga dan dari satu suku.

2. Makan Bajamba

Makan Bajamba masih sering dilakukan di upacara adat Minangkabau. Foto: The Asian Parent

Makan Bajamba adalah kegiatan makan yang dilakukan secara bersama-sama, Makan Bajamba ini biasanya dilakukan masyarakat Sumatera Barat pada hari-hari besar keagamaan, pesta atau upacara adat, dan hari besar lainnya.

Tradisi Makan Bajamba ini menyebar dan dilestarikan sampai saat sekarang. Meski tiap daerah di Sumatera Barat memiliki cara yang agak berbeda dalam Makan Bajamba, tetapi pada umumnya acara ini dibuka dengan pementasan aneka kesenian Minang, pembacaan doa, serta berbalas pantun.

3. Upacara Tabuik

Upacara Tabuik biasa dilaksanakan di kota Pariaman. Foto: Adira

Tabuik merupakan suatu festival acara tahunan di Pariaman, Sumatera Barat, perayaan ini dilakukan untuk memperingati wafatnya cucu Nabi Muhammad SAW yaitu Hussein Bin Ali, yang gugur di Perang Kurbala, pada tanggal 10 Muharram.

Tabuik menjadi perhelatan besar yang dinantikan dari tahun ke tahun, puncak acara tabuik selalu disaksikan puluhan ribu orang dari pelosok Sumatera Barat. Tidak hanya masyarakat lokal, festival ini pun turut mendapat perhatian dari banyak turis mancanegara.

4. Pacu Jawi

Pacu Jawi masih sering dilakukan di Sumatera Barat. Foto: Zona Intelektual

Pacu Jawi merupakan Alek Anak Nagari di Kabupaten Tanah Datar, yang dilakukan setelah panen padi. Saat ini Pacu Jawi tidak hanya menjadi sebuah tradisi tetapi telah menjadi tujuan wisatawan dari mancanegara dan ditunggu turis asing. Tradisi ini merupakan bentuk rasa syukur masyarakat atas panen padi yang diberikan sekaligus hiburan untuk masyarakat.

Bagi masyarakat Tanah Datar, Pacu Jawi memiliki banyak makna. Salah satunya untuk mengingatkan masyarakat berjalan lurus ke depan dan mampu bekerja sama dengan baik tanpa bersinggungan. Selain itu, Pacu Jawi ini juga untuk meningkatkan silaturahim, serta mengenalkan adat dan budaya. Festival Pacu Jawi ini meningkatkan harga sapi di pasar ternak oleh karena itu festival Pacu Jawi ini juga bermanfaat untuk menggerakkan perekonomian masyarakat di sekitarnya.

Itulah 4 Tradisi Unik yang ada di Sumatera Barat, jika kamu ingin berkunjung jangan lupa untuk menyaksikan tradisi-tradisi tersebut ya!

Asy Syifa Saleh