Keripik Sanjai Balado, Jajanan Khas Olahan Singkong Asli Sumatera Barat !

Keripik Sanjai Balado. Foto: Internet

Padang – Bagi kamu yang sering berlibur ke Sumatera Barat, seringkali menjumpai oleh-oleh khas satu ini. Keripik Sanjai merupakan makanan khas Bukittinggi yang terbuat dari bahan dasar singkong. Keripik ini sangat renyah dan memiliki rasa pedas, namun ada juga beberapa yang menyediakan rasa pedas manis.

Pengolahan singkong menjadi Keripik Sanjai juga terbilang mudah. Pastikan sebelum mengolah, singkong sudah dibersihkan terlebih dahulu. Setelahnya iris singkong berbentuk tipis memanjang lalu direndam dalam air mendidih. Singkong yang sudah direndam, kemudian digoreng hingga kering lalu tiriskan.

Sembari ditiriskan, buat bumbu balado dengan menghaluskan cabai, asam jawa, dan bawang putih. Bumbu halus ini kemudian ditumis bersama daun jeruk. Setelahnya masukan 50 ml air, gula pasir, gula merah, dan garam, lalu aduk hingga bumbu menjadi kental. Kemudian segera masukkan keripik singkong yang sudah ditiriskan sebelumnya. Pastikan kamu sudah mematikan api sebelum mencampurkan keripik dengan bumbu balado. Aduk bumbu hingga merata pada keripik. Diamkan beberapa saat hingga dingin, lalu masukkan ke dalam wadah.

Untuk mencoba Keripik Sanjai, kamu tidak perlu repot untuk membuatnya. Keripik Sanjai sudah bisa ditemui di berbagai toko oleh-oleh khas Sumatera Barat. Bahkan, saat ini Keripik Sanjai juga sangat mudah ditemui di berbagai online market place.