Perwakilan Media Sumbar Sampaikan Aspirasi terkait Seleksi Komisioner KI Sumbar

Foto: Internet

Padang – Beberapa perwakilan media di Sumatera Barat menyampaikan pendapat mereka mengenai proses seleksi Komisi Informasi (KI) Sumbar di Gedung DPRD Sumbar pada hari Jumat, 3 Februari 2023 kepada pimpinan DPRD Sumbar.

Menurut Ketua FWP Sumbar, Novrianto di Padang, seleksi calon komisioner KI Sumbar periode 2023-2027 telah memasuki tahap akhir yaitu fit and proper test yang digelar oleh Komisi I DPRD Sumbar setelah pansel menyerahkan nama-nama calon ke Ketua DPRD.

Namun, setelah Komisi I melakukan penilaian terakhir, nama-nama komisioner terpilih telah beredar di ranah publik meski belum diumumkan secara resmi oleh pimpinan DPRD Sumbar.

Hal ini menimbulkan kekhawatiran kalangan jurnalis pro objektivitas dalam memilih lembaga sebagai pengawal keterbukaan informasi publik, sebagaimana diatur dalam Pasal 28 UUD 1945, UU 14 Tahun 2008, dan Perki 4 tahun 2016 tentang Seleksi Komisi Informasi.

Pada forum hearing tersebut, Nofrianto Ucok sebagai juru bicara menyampaikan aspirasi secara elegan bahwa pihak media ingin Ketua DPRD Sumbar tidak hanya menjadi tukang tanda tangan hasil seleksi saja, karena nama-nama terpilih telah beredar di ranah publik.

\Namun, Ketua DPRD Sumbar, Supardi, menegaskan bahwa nama-nama terpilih itu hanya kabar burung karena belum ada pengumuman resmi dari DPRD Sumbar. Ia juga menambahkan bahwa DPRD Sumbar bekerja sesuai dengan regulasi dan Tatib DPRD sendiri, sehingga tidak perlu ada perdebatan di forum hearing tersebut.

Perwakilan media lainnya, seperti Isa Kurniawan, Defri Mulyadi, dan Efendi, menekankan pentingnya komposisi KI Sumbar periode 2023-2027 yang proporsional antara incumbent dan komisioner lainnya serta adanya unsur pers di dalamnya.

Mereka juga mengharapkan agar KI Sumbar terus diback-up oleh DPRD dan Pemprov Sumbar agar dapat menjalankan tugasnya sebagai pengawal keterbukaan informasi publik dengan kompeten dan transparan.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.