Petugas Awasi Jalannya Protkes di Pasar Simpang Empat

  • Bagikan
Anggota TNI dan Polri Patroli Jalannya Protkes di Pasar Simpang Empat. foto : kabarsumbar.com

PASAMAN BARAT – Angggota Babinsa dan Bhabinkamtibmas berpatroli di Pasar Simpang Empat dalam rangka antisipasi pelanggaran protokol kesehatan Covid-19. Anggota TNI dan Polri ini mendatangi pedagang serta pengunjung pasar untuk mengingatkan pelaksanaan protokol kesehatan covid-19.

Babinsa Simpang Empat, Serma Muryono bersama Bhabinkamtibmas Nagari Lingkuang Aua AIPDA Juppi secara berkala berkeliling di pasar dan menegur pedagang juga pengunjung pasar yang masih melanggar protkes. Saat berpatroli, tim masih menemukan masyarakat tidak menggunakan masker, dengan alasan tinggal atau gerah. Setelah melakukan pendekatan beberapa masyarakat mau memakai masker dan jaga jarak.

“Kita berusaha melakukan pendekatan kepada masyarakat, agar tidak abai dengan protkes,” ujar Babinsa Simpang Empat, Serma Maryono, Jumat (16/04).

Serma Muryono menambahkan, selama berpatroli dirinya bersama Bhabinkamtibmas berusaha memberikan pemahaman kepada pedagang pabukoan, agar menjual makanan yang sehat, aman, serta selalu menggunakan masker. Kegiatan tersebut mendapat respon positif dari masyarakat, bahkan mereka berharap ada tim yang mengawasi agar penerapan protkes teratur.

“Kami akan berpatroli secara berkala, karena di pusat Kabupaten Pasaman Barat terdapat sejumlah titik yang menjual pabukoan,” katanya.

Sementara Bhabinkamtibmas Nagari Lingkuang Aua AIPDA Juppi juga mengajak semua pedagang mainan tidak menjual barang berbahaya. Terutama mercon atau bahan yang bisa meledak, dan bisa menganggu keamanan dan memicu kebakaran. Disisi lain, tingginya transaksi di pasar juga dikhawatirkan akan memicu terjadinya peredaran uang palsu, atau makanan kadaluarsa.

“Kami menghimbau penjual dan pembeli jeli jangan sampai tertipu,” ujarnya.

Juppi mengaku, hingga hari ini, situasi Khantibmas di wilayah kerjanya masih kondusif dan aman. Aktifitas masyarakat berjalan lancar, termasuk di pusat keramaian dan pasar pabukoan. Kedepan, tim akan terus memantau agar aktivitas dan tempat layanan umum tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19.

“Kita berusaha memastikan, protkes tetap dijalankan, terutama di Pasar,” harapnya.

Selain di pasar, tim juga melakukan pendekatan kepada pedagang lainnya di sekitar pinggir jalan. Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya kemacetan dan aksi kriminal.

  • Bagikan