UNP Jalin Kerjasama dengan UI

PADANG, KABARSUMBAR – Demi meningkatkan dan menghasilkan kualitas lulusan terbaik dan menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH), Universitas Negeri Padang (UNP) menjalin kerjasama dengan Universitas Indonesia (UI). Hal tersebut mendapat dukungan dari Gubenur Sumatra Barat Irwan Prayitno.

Irwan sangat mendukung langkah UNP menjalin kerjasama tersebut, untuk membuat perubahan yang lebih baik. Apalagi ia menilai UI memang layak dicontoh, sebagai perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia.

“Mencontoh itu bagus, sebab hanya memodifikasi yang ada. Langkah UNP mencontoh UI sangat tepat, sebab UI jauh lebih tua dari UNP, baik dari segi umur maunpun mutu,” ujarnya Irwan di Auditorium UNP, Rabu (16/1/2019).

Dikatakannya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) akan melakukan perubahan lebih cepat, termasuk dalam sektor pemerintahan ataupun pendidikan.

Dengan adanya kerjasama UI, ia berharap UNP juga bisa mengikuti jejak perguruan tinggi yang banyak melahirkan orang-orang “besar” tersebut. Apalagi menurutnya beberapa tahun terakhir UNP mengalami perkembangan pesat.

“Contohnya saja, UNP terus melakukan pengembangan gedung, pembukaan program studi baru, dan bahkan UNP saat memiliki mahasiswa terbanyak di Sumbar,” ungkapnya.

Pemprov selalu mendukung UNP untuk menjadi lebih baik. Jadi tidak perlu lagi merasa rendah diri karena dulu yang berawal dari IKIP mengalami perkembangan pesat berubah menjadi UNP.

“Hal itu semenjak rektornya lebih aktif, inovatif, dan kreatif,” akunya.

Sementara itu Rektor UNP, Ganefri mengatakan UNP melakukan kerjasama dengan UI, terutama untuk meningkatkan kualitas lulusan, kinerja, dan manajemen pengelolaan kampus.

Hal itu kata dia, agar UNP bisa menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) layaknya status UI.

“UI memberi ruang untuk membina UNP, salah satunya mendukung pembukaan program studi kedokteran ilmu keolahragaan, termasuk sudah kerjasama dengan FMIPA dan FT UNP,” kata dia.

(Putri Caprita)

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.