BLK Padang Resmi Buka Pelatihan Tahap III

Pembukaan pelatihan tahap III Balai Latihan Kerja (BLK) Padang, Jumat 6 Juli 2018. Foto : Istimewa
Pembukaan pelatihan tahap III Balai Latihan Kerja (BLK) Padang, Jumat 6 Juli 2018. Foto : Istimewa

PADANG,KABARSUMBAR – Balai Latihan Kerja (BLK) Padang secara resmi membuka pelatihan bagi 126 peserta yang lulus proses seleksi, Jumat (6/7/2018).

Pembukaan pelatihan juga dihadiri dengan stakeholder kerjasama terkait, seperti BNN dan BPN Provinsi Sumbar serta partner kerja dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumbar dan pengantar kerja Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Padang.

Selanjutnya peserta ini akan mengikuti pelatihan rentang waktu 1,5 hingga 3 bulan. Peserta yang lulus ini melewati proses seleksi administrasi dan wawancara, sebelum akhirnya lolos sebagai peserta.

Dari dua proses tersebut, pendaftar sebanyak sekitar 400 orang dari sejumlah daerah di Sumatera Barat.

“Ada juga pendaftar yang berasal dari luar Sumbar. Begitu ketatnya persaingan, saya berharap peserta memanfaatkan kesempatan dengan baik,” kata Kepala BLK Padang, Syamsi Hari.

Pembukaan pelatihan tahap III Balai Latihan Kerja (BLK) Padang, Jumat 6 Juli 2018. Foto : Istimewa

Syamsi berharap, peserta serius menggali ilmu pengetahuan dari instruktur sehingga setelah lulus benar-benar menguasai ilmu yang dituntut.

“Banyak bertanya kepada instruktur, jangan diam saja, tanyakan terus sampai memahaminya,” sarannya kepada peserta.

Hal ini disampaikannya, agar setelah tamat dapat langsung bekerja. Setidaknya, mampu bersaing dengan tenaga kerja lain.

BLK Padang, kata Syamsi, juga telah bekerjasama dengan beberapa industri. Ia menantang peserta pelatihan agar dapat memanfaatkan kerjasama dengan ini baik.

Salah satu caranya tentu dengan menguasai ilmu yang dituntut karena industri membutuhkan tenaga kerja siap pakai.

Pelatihan ini merupakan program rutin BLK Padang. Tahun ini, BLK Padang membuka pelatihan pada 12 kejuruan, dan akan diumumkan lagi pendaftaran baru tahap selanjutnya.