Cuaca Ekstrim Melanda Wilayah Pessel, Puluhan Rumah Rusak Parah

  • Bagikan
Foto : Kondisi salah satu rumah di Pessel, usai dihantam Angin kencang

Pesisir Selatan – Akibat Badai atau Angin Kencang yang melanda wilayah Kabupaten Pesisir Selatan pada hari Kamis 1 April 2021 dilaporkan sementara sekitar 60 unit bangunan rusak parah.

Kepala BPBD Pesisir Selatan, Herman Budiarto melalui Kasi Kedaruratan, Husnul Karim mengatakan, angin kencang atau badai yang terjadi pada Kamis Shubuh tersebut, melanda lima Kecamatan di Pesisir Selatan. Akibat angin kencang itu, terdapat 60 unit rumah warga di lima Kecamatan dilaporkan rusak parah.

“Ya, dari laporan awal ada 60 unit rumah warga rusak parah di 5 kecamatan seperti, Koto XI Tarusan, Bayang, IV Jurai, Batangkapas dan Sutera,” katanya, Jumat 2 April 2021.

Ia menjelaskan, 60 unit rumah warga yang rusak terdapat beberapa karena ditimpah pohon yang tumbang, dan ada juga yang rusak karena loteng atau atap rumah mereka lepas dan terbang akibat diterpa angin.

“Ini baru laporan sementara dan kita masih tunggu laporan lengkap dari kecamatan. Berkemungkinan, jumlahnya bisa lebih,” jelasnya.

Kemudian tambahnya, akibat angin kencang yang melanda daerah tersebut, juga terdapat beberapa titik pohon tumbang di jalan utama lintas Padang – Bengkulu.

“Pohon tumbang dijalan utama ada tiga titik yaitu, satu titik di Batang Kapas dan dua titik lagi di Tarusan. Untuk korban jiwa tidak ada. Cuman, terjadi kemacetan kemarin, tapi sekarang sudah bisa dilewati,” ucapnya.

Lanjutnya, terkait kondisi cuaca yang masih ektrim dan diprediksi curah hujan masih tinggi dan juga angin kencang. Ia menghimbau warga untuk tetap waspada dan berhati-hati.

“Kondisi cuaca masih buruk, untuk itu kita himbau warga untuk tetap waspadai bencana banjir, longsor dan pohon tumbang akibat angin kencang. Terutama, bagi warga yang berada ditempat yang rawan, harus lebih meningkatkan lagi kewaspadaannya,” tutup Husnul Karim.

  • Bagikan