Hengky, Penderita Gout Kronis Di Tanah Datar, Butuh Penanganan Khusus

 

TANAH DATAR, KABARSUMBAR – Salah seorang warga Jorong Balai Batu Nagari Lima Kaum Kecamatan Lima Kaum, Tanah Datar Hengky (32) ditemui menderita penyakit Gout (Asam Urat) yang sudah kronis.

Kondisi pemuda tersebut diketahui, sudah 20 tahun menderita pembengkakan dan mengeluarkan cairan pada bengkak di kaki, lutut, tangan, dan hampir sekujur tubuhnya. Akibat penyakit yang diderita Hengki terpaksa putus sekolah karena malu, anak ke 4 dari 5 bersaudara hanya berdiam diri dirumah.

Menurut Asmir (65), ayah kandung Hengky ketika ditemui kabarsumbar, Kamis (08/02) di kediamannya tidak banyak bicara. Hanya menyebutkan, jika penyakit anaknya sudah terlihat sejak 20 tahun yang lalu.

“Yo pak, alah sajak ketek. Partamo bangkak-bangkak ketek sajo. (Betul pak, sudah dari kecil, awalnya hanya bengkak-bengkak kecil saja,” ucap Asmir.

Melihat kondisi Hengky yang cukup memprihatinkan ini, Kepala Jorong Balai Batu Sy. DT. Marajo membenarkan jika kondisi penyakit Hengky ini sudah lama sekali, bahkan sekitar lima tahun yang lalu, anak pasangan Asmir (65) dan Man (62) ini sudah pernah dilakukan operasi.

“Sekitar 5 tahun yang lalu, Hengky dioperasi di RSUD Hanafiah Batusangkar, saat itu kondisinya sudah mulai membaik, namum belakangan ini penyakitnya kembali kambuh akibat pengobatan yang mungkin tidak dilakukan lagi,” sebut DT. Marajo.

Bahkan diakui kepala jorong, Hengky sejak usai dioperasi tahun 2005 lalu, menjalani pengobatan rutin di Puskesmas Lima Kaum, namun sejak setahun terakhir, ia tidak lagi mendatangi puskesmas dengan alasan yang tidak jelas.

“Padahal ia (Hengky) adalah peserta aktif BPJS, tapi entah kenapa tidak lagi berobat kuta juga tidak mendapatkan laporan dari pihak keluarga,” lanjutnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Datar, Yesrita Zenrianis ketika dikonfirmasikan kabarsumbar, Kamis (08/02) malam membenarkan jika ada pasien penderita Gout kronis di Lima Kaum, hal itu sudah diketahui sejak lama. Bahkan, pihak dinas kesehatan sudah melakukan observasi penyakit pasien pasca operasi beberapa tahun lalu.

Jenis penyakit ini disebut Gout, yakni asam urat. Dan penderita ini sudah kronis akibat tidak lagi menjalani perawatan atau pengobatan rutin.
Dan penyakit ini sudah umum, lebih dari 2 juta kasus per tahun di Indonesia.

Asam Urat atau Gout ini sebut Kadis Yesrita bermacam-macam, namun ditemui pada Hengky yang bengkak-bengkak.

“Cairan yang keluar dari bengkak itu bukanlah nanah, tapi cairan kristal asam urat dari penyakit Gout, dan pengobatan pasien dapat ditangani oleh tenaga medis profesional, membutuhkan diagnosis medis bahkan sering kali memerlukan uji atau pencitraan laboratorium,” kata Kadis.

Ditambahkan Yesrita, selama ini ia juga sudah mendapatkan pelayanan kesehatan dari puskesmas dan pasien juga sudah pernah dioperasi di RSUD Batusangkar. Namun sejak setahun yang lalu ia dilaporkan tidak lagi menjalani pengobatan.

“Kami minta kepada pihak kelaurga untuk memaksimalkan kembali pengobatan kepada Hengky, dan pasien juga harus memiliki keinginan untuk sembuh yang didukung oleh keluarga juga,” tutup Yesrita. (Ddy)

Loading...

BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...