Peton, Sapi Asal Lima Puluh Kota Dipilih Presiden Jokowi Untuk Kurban di Sumbar

Lima Puluh Kota – Endi, seorang warga Jorong Mungka Tangah, Nagari Mungka, Kecamatan Mungka, Kabupaten Lima Puluh Kota tidak pernah menduga sapi kesayangannya yang diberi nama Peton yang berumur 31 bulan ini bakal terpilih menjadi sapi Kurban Presiden Jokowi di Masjid Raya Sumatera Barat, Kota Padang dalam moment Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah tahun 2024 ini.

Peton sebelumnya tidak dipersiapan untuk dijual cepat, sebab Endi dan sang Istri Erini sangat menyayangi Sapi yang sudah sejak lama bersamanya beserta sejumlah sapi lainnya. Namun perasaan senang dan bangga tak kuasa ia surukkan ketika Peton dipilih oleh Presiden Jokowi melalui Dinas Peternakan untuk dijadikan hewan kurban nantinya.

Menurut Endi, Peton akan diantar ke Kota Padang pada Minggu nanti. Ia mengaku sangat senang dan bangga dengan dipilihnya Peton untuk sapi kurban Presiden.

“Iya, Alhamdulillah saya sangat bangga dan senang dengan dipilihnya Peton sebagai hewan kurban Presiden Jokowi di Masjid Raya Sumatera Barat. Meski saya sangat sayang kepada Peton, namun dengan perasaan haru saya rela melepas Peton untuk sapi Kurban Presiden Jokowi,” sebut Endi, Kamis (13/6/2024).

Endi juga menambahkan, Peton memiliki berat 1,052 Ton dengan tinggi 1,5 M. Sehari-harinya Endi memberi makan Peton berupa pelepah kelapa, sagu, ampas tahu dan rumput. Makanan yang diberikan itu sama dengan makanan yang diberikan kepada sapi lainnya.

“Untuk makanan yang saya berikan kepada Peton berupa pelepah kelapa muda, satu, ampas tahu dan rumput. Makanan yang diberikan itu sama dengan makanan yang diberikan kepada sapi lainnya,” tambahnya.

Awal mula Peton dijadikan Sapi Kurban Presiden Jokowi, setelah petugas Dinas Peternakan Kabupaten Limapuluh Kota mendatangi kandang sapi milik Endi. Petugas yang datang menyebutkan kepada Endi bahwa tengah mencari sapi kurban untuk Presiden Jokowi. Setelah dilakukan pemeriksaan dan pengukuran, beberapa hari kemudian masih di Bulan Mei, Endi mendapatkan informasi bahwa Peton terpilih untuk dijadikan hewan kurban Presiden Jokowi.

“Awal mula Peton dijadikan Sapi Kurban Presiden Jokowi, setelah petugas Dinas Peternakan Kabupaten Limapuluh Kota mendatangi kandang sapi saya, Petugas yang datang menyebutkan tengah mencari sapi kurban untuk Presiden Jokowi. Setelah dilakukan pemeriksaan dan pengukuran, beberapa hari kemudian masih di Bulan Mei, Endi mendapatkan informasi bahwa Peton terpilih untuk dijadikan hewan kurban Presiden Jokowi.” Tutupnya.

Peton diketahui dijual Endi seharga puluhan juta untuk disembelih pada momen Lebaran Idul Adha 1445 Hijriah nanti. (Ikhlasul Ihsan)

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.