Tradisi Balimau Paga Nagari Painan di Kawasan Wisata Pantai Carocok

  • Bagikan

Pesisir Selatan – Dalam rangka menyambut Bulan Duci Ramadhan tahun 2021 M/1442 H, masyarakat Nagari Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, menyelengarakan tradisi Balimau Pagaj di pentas utama Kawasan Wisata Pantai Carocok Painan, Minggu 11 April 2021.

Acara balimau paga Nagari Painan tersebut, dihadiri oleh Bupati Pesisir Selatan, yang diwakili Pj Sekda, Emirda Ziswati, serta diikuti Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Painan, Syafrizal, beserta pengurus, ninik mamak bundo kanduang, alim ulama, pemuda, wali nagari Painan, dan masyarakat Painan.

Prosesi balimau paga, diawali dari kantor KAN Painan, di Jalan H. Ilyas Yakub, kemudian rombongan berjalan kaki menuju Masjid Terapung Samudera Ilahi untuk melaksanakan shalat berjamaah.

Puncak prosesi Balimau Paga, dilaksanakan di pentas utama Pantai Carocok Painan. Acara yang penuh prosesi adat tersebut juga diisi dengan ceramah agama yang disampaikan ustad Amri Syam.

Pj. Sekda Emirda Ziswati, dalam sambutannya mengatakan, memasuki bulan suci ramadhan dirinya mengajak masyarakat untuk sama sama membersihkan diri lahir dan batin. Prosesi adat balimau paga merupakan tradisi yang mengajarkan kita untuk membersihkan diri sebelum memasuki bulan ramadhan.

“Mari kita jadikan acara balimau paga untuk saling memaafkan sesama manusia dan bertobat kepada Allah atas kesalahan kita pada masa lalu,” kata Ermida.

Dalam kesempatan itu, Pj. Sekda, mengemukakan perlunya upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT di bulan ramadhan.

Selain itu, Emirda mengajak masyarakat untuk melaksanakan puasa dan shalat tarweh di masjid dan mushalla dengan mentaati protokol kesehatan, hal ini penting karena pandemi covid19 belum berakhir.

“Mari kita tetap menjaga protokol kesehatan, seperti pakai masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan,” katanya.

  • Bagikan