Ukir Sejarah ! Pilkada Serentak 2020 Hanya Diikuti Oleh Satu Paslon

Pasaman – Pada Pilkada serentak 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar) memastikan wilayah Kabupaten Pasaman hanya akan diikuti oleh satu pasangan calon, yakni Beni Utama-Sabar AS.

Pasalnya, tidak ada lagi paslon yang mendaftar ke KPU setempat pada saat perpanjangan pendaftaran berakhir.

Komisioner KPU Sumbar Izwaryani mengatakan, munculnya calon tunggal di Pilkada Serentak 2020 merupakan sebuah sejarah, karena baru pertama kali terjadi di Sumbar.

“Kotak kosong ada satu, periode 2020 di Pasaman, untuk Sumatera Barat pertama kali, luar biasa memberi pengalaman semuanya cukup periode ini” ungkap Izwaryani.

Pada proses pemilihan nomor urut kali ini sedikit berbeda dengan pemilihan nomor urut calon lainnya, untuk calon tunggal, tidak menggunakan nomor urut diganti dengan letak foto paslon dalam kertas suara.

“Pengundiannya pakai nomor tapi mencari tata letak mereka, apakah sebelah kanan atau sebelah kiri” jelasnya.

Pasangan Calon Tunggal Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pasaman, Beni Utama-Sabar AS di usung oleh 8 partai politik yakni Golkar, Demokrat, PKB, PAN, PPP, PDIP, PKS serta Nasdem serta 29 kursi di DPRD yang diperoleh.

Gerindra, sebagai partai pemenang di Kabupaten Pasaman dengan perolehan 5 kursi Pilbub kali ini karena tidak bisa mengusung calon.

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...