Buka IBL 2022, Menpora Amali Bangkitkan Kembali Semangat Kompetisi

Buka IBL 2022, Menpora Amali Bangkitkan Kembali Semangat Kompetisi

Jakarta – Kompetisi tertinggi Liga Bola Basket Indonesia atau Indonesian Basket Ball League (IBL) 2022 resmi dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali, di Hall Basket Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu 15 Januari 2022.

Menpora Amali menyampaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo, yang berhalangan untuk hadir secara langsung. Permohonan maaf disampaikan Menpora Amali pada acara pembukaan ini.

“Kehadiran saya mewakili bapak Presiden Joko Widodo, untuk itu saya sampaikan salam hangat dari bapak Presiden Joko Widodo. Sekaligus menyampaikan permohonan maaf karena bapak Presiden tidak bisa hadir secara langsung dalam kompetisi IBL 2022,” kata Menpora Amali mengawali sambutannya.

Menpora Amali mengenang nasib kompetisi olahraga di Tanah Air saat diawal pandemi Covid-19. Saat itu, seluruh kejuaraan olahraga harus terhenti imbas pandemi.

“Tidak terasa saat 2020, ketika kita memutuskan kompetisi IBL harus berhenti karena pandemi. Kita harus hentikan seluruh kompetisi baik sepak bola, bola bakset, dan lainnya,” ujar Menpora Amali.

Seiring berjalannya waktu, situasi pandemi Covid-19 mulai terkendali yang diikuti patuhnya masyarakat menerapkan protokol kesehatan. Hal ini membuat sejumlah kegiatan olahraga termasuk cabang olahraga bola basket memiliki harapan kembali.

“Sekarang mulai lagi kita menggelar beberapa pertandingan atau kompetisi, termasuk bola basket. Nah untuk ini dihadiri penonton namun dengan terbatas,” terang Menpora Amali.

Lebih lanjut, Mempora Amali memberikan apresiasi kepada Perbasi dan penyelenggara kompetisi bola basket yang telah bekerja keras dalam menggulirkan kembali IBL.

“Terima kasih kepada Perbasi beserta jajaran serta penyelenggara kompetisi. Terima kasih juga kepada tenaga kesehatan yang telah berjuang dalam menangani pandemi. Saya harap seluruhnya tetap mematuhi protokol kesehatan,” jelas Menpora Amali.

Menpora Amali sempat menyaksikan pertandingan dalam laga pembuka yang mempertemukan tim Wes Bandits Solo Combiphar Solo kontra RANS PIK Basketball. Kemudian dilanjutkan duel Pelita Jaya vs Satria Muda.

Ikut hadir Plt Sesmenpora Jonni Mardizal, Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Chandra Bhakti, Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman, Ketua Umum NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari, serta sejumlah pejabat lainnya.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.