Diresmikan Wamen ESDM, Pemakaian Sumur Bor Air Bersih Layani 1.440 Jiwa Warga Sumanik

TANAH DATAR, KABARSUMBAR – Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) RI Arcandra Tahar, resmi membuka pemakaian sumur bor air bersih untuk warga Nagari Sumanik Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar, Sabtu (23/02) di Mesjid Miftahul Jannah nagari setempat.

“Ini merupakan program Kementrian ESDM ke sembilan yang di bangun di Sumatera Barat, Tanah Datar menjadi salah satu penerima manfaat dari program ini dengan melayani sekitar 1.440 jiwa dapat dilayani,” ucap Wamen ESDM Arcandra Tahar dalam sambutannya.

Katanya, program ini merupakan bukti jika pemerintah memiliki program pro terhadap kesejahteraan masyarakat dibidang pengentasan daerah sulit air bersih.

“Melalui program pengeboran air tanah ini, beberapa daerah di Sumbar sudah dapat menikmati air bor tanah ini. Dan beberapa daerah yang mengalami permasalahan penyedia air bersih karena kondisi alamnya juga sudah teratasi oleh program ini,” kata Arcandra.

Ia mengharapkan, masyarakat Tanah Datar, khususnya Nagari Sumanik ini dapat memanfaatkan program ini. “Menjaga dan merawat agar manfaat langsung bisa dirasakan oleh masyarakat. Dan sebagai mitra kerja DPR RI Komisi VII juga puas dengan usulan yang mereka berikan,” tutup Arcandra.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi mengungkapkan, jika program ini sangat membantu masyarakatnya dalam mengentaskan permasalahan air bersih di Sumanik.

“Program pemerintah ini kita harapkan dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat. Ini adalah bukti jika pemerintah pro kesejahteraan rakyat,” tegas Bupati.

Ia menjelaskan, jika spesifikasi sumur bor air bersih yang dibangun di Jorong Guguak Tinggi Nagari Sumanik ini memiliki kapasitas 1,2 liter per detik dengan kedalaman 72 meter.

“Dengan adanya program ini, sekitar 1.440 jiwa warga setempat dapat terlayani dalam penyediaan air bersih,” pungkasnya .

Peresmian pemakaian sumur bor air bersih ini juga dihadiri oleh Staff Ahli Kepresidenan, Deputi Kementrian ESDM, Bupati Sijunjung, Kepala OPD se Tanah Datar, dan tokoh masyarakat Nagari Sumanik. (Ddy)

Loading...
DomaiNesia
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...